Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

7 Gejala Kanker Yang Sering Diabaikan

(Foto: Ana Shvets, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Kanker memang tiak menular, tetapi sampai saat ini, penyakit tersebut belum ditemukan obatnya. Sialnya, penyakit ini pun tergolong ganas dan banyak menyebabkan kematian. Kanker biasanya ditandai dengan adanya jaringan abnormal dan bersifat ganas. Ia tumbuh cepat tidak terkendali dan menyebar ke tempat lain dalam tubuh.

Sel kanker ini menginvansi serta merusak fungsi jaringan dan menyebar melalui pembuluh darah maupun pembuluh getah bening. Saat ini di Dalam dunia kedokteran terdapat 200 jenis kanker yang berdasarkan asal jaringan tempat sel tersebut tumbuh.

Salah satu penyebab tumbuhnya sel kanker adalah adanya perubahan genetik atau mutasi DNA di dalam sel yang didalam gen nya berfungsi tidak normal dan tidak terkontrol. Mutasi DNA ini terjadi karena pengaruh genetik atau keturunan dari orang tua, adapun kondisi lain penyebab kanker juga terjadi akibat kondisi kesehatan tertentu, riwayat kesehatan keluarga, pengaruh lingkungan, gaya hidup, dan virus.

Nah sebelum hal seperti itu terjadi, alangkah baiknya kita harus tau gejala kanker yang sering diabaikan, simak selengkapnya

Batuk dan sesak yang tidak kunjung sembuh

Penyakit batuk biasanya tidak terlalu menjadi masalah yang besar, namun jika Anda mengalami atau menderita batuk berkepanjangan yang tidak turut sembuh dan mengalami sesak napass atau batuk disertai darah, Anda harus waspada karena kejadian seperti ini bisa berbahaya dan sering menunjukkan bahwa paru-paru ada bermasalah.

Buang air besar yang tidak lazim

Saat ingin buang air besar mengalami perubahan ukuran atau warna seperti disertai darah, Atau sulit buang air besar, atau bahkan justru malah diare terus menerus hal ini menunjukkan bahwa bisa jadi gejala kemungkinan besar ada massa atau Tumor yang tumbuh di usus besar dan menyumbat jalan keluar fases.

Perubahan tetap pada kebiasaan buang air kecil

Jika air Urin disertai darah, penyakit ini biasanya menjadi tanda adanya infeksi saluran kencing yang parah, atau gejala kanker kandung kemih bahkan bisa jadi kanker ginjal. Sesuatu yang tidak lazim pada tubuh kita sebaiknya segera cari bantuan medis agar nyawa dan kesehatan bisa ditangani.

Penurunan berat badan tanpa sebab

Jika berat badan anda turun secara tiba- tiba dan Anda tidak menjalani diet apapun, ini sangatlah cukup berbahaya karena menunjukkan bahwa kemungkinan adanya Tumur atau kanker di tubuh.

Tahi lalat yang tidak lazim

Biasanya tahi lalat bukan menjadi masalah yang besar, namun jika terjadi adanya perubahan yang tidak lazim pada tahi lalat seperti Kemerahan, gatal , atau nyeri segera konsultasikan ke medis untuk memeriksakannya karena kemungkinan besar itu adalah adanya tanda gejala kanker kulit.

Benjolan

Benjolan merupakan salah satu gejala kanker yang cukup familiar seperti pada kanker payudara, dimana ciri utama penyakit kanker terdapat benjolan di payudara yang tumbuh cepat dalam waktu singkat. maka dari itu jika Anda menemukan benjolan baru segera periksalah ke dokter sesegera mungkin. (ptr/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar