Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

5 Khasiat Daun Mint, Mulai dari Atasi Pencernaan hingga Redakan Depresi

Anthony Shkraba, pexels.com

Surabaya (beritajatim.com) – Siapa yang tidak mengenal daun mint? Tanaman yang terkenal dengan sensasi dingin dan segar ini biasanya dijadikan tambahan untuk makanan dan minuman. Selain aromanya yang khas, mint ternyata juga banyak memberikan manfaat untuk kesehatan, apalagi saat mengoleskannya pada kulit dan menghirupnya.

Daun yang juga dikenal sebagai Pudina ini telah digunakan dari zaman kuno. Hal ini karena banyaknya kandungan yang dimiliki oleh daun mint. Seperti sifat antioksidan dan fitonutriennya yang berperan untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Lalu ada vitamin A, vitamin C, dan B kompleks, fosfor, kalsium, dan sifat anti bakteri. Daun ini juga menjadi salah satu sumber yang kaya zat besi, kalium, dan mangan yang meningkatkan kadar hemoglobin dan meningkatkan fungsi otak

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kita ambil dari mengonsumsi daun mint.

 

1. Memperbaiki sindrom iritasi usus

Salah satu masalah pencernaan yang umum adalah sindrom iritasi usu. Dimana pengidap akan merasa sakit perut, kembung, dan perubahan pada kebiasaan buang air besar. Ternyata, daun mint ini bisa menjadi salah satu obatnya, karena menurut penelitian, mengonsumsi minyak mint sebagai obat herbal akan sangat membantu. Ini karena minyak peppermint memiliki kandungan senyawa yang disebut mentol, dan mampu meringankan gejala sindrom iritasi usus dengan relaksasi pada otot-otot saluran pencernaan.

 

2. Mengatasi masalah pernapasan

Selain untuk pencernaan, daun mint ternyata juga baik untuk mengatasi keluhan pernapasan, terutama bagi kalian yang mengidap asma. Konsumsi daun mint secara rutin akan menjadi relaksasi yang baik dan meredakan hidung tersumbat. Ini karena kandungan mentol yang tidak hanya mengatasi masalah pencernaan tapi juga membuat pernapasan lebih mudah. Kandungan ini juga mengurangi iritasi akibat batuk kronis.

Selain itu, bagi kalian yang merasa memiliki bau mulut tidak sedap, kalian bisa menghilangkannya dengan daun mint. Bukan hal asing lagi apabila daun mint diyakini dapat menyegarkan napas secara instan, lantaran kandungan pembasmi kuman. Ekstrak daun ini juga dapat membantu membersihkan penumpukan plak pada gigi. Tidak heran mengapa produk perawatan mulut seperti pasta gigi dan obat kumur banyak mengandung mentol.

 

3. Mengatasi stress dan depresi

Aroma daun mint yang kuat dan menyegarkan, akan menenangkan siapa saja yang menghirupnya. Inilah mengapa daun mint dianggap bisa mengatasi rasa stress dan menyegarkan kembali pikiran. Kalian bisa mencoba menambahkan mint ke dalam teh, atau bisa juga dengan ekstrak mint saat mandi sehingga pikiran yang tadinya suntuk akan segar kembali.

Stress yang berlebih akan membuat otot kepala tegang, sehingga neuron tertarik dan berujung pada sakit kepala. Untuk meredakannya, kalian bisa menggunakan daun mint karena aromanya yang terapeutik akan melancarkan aliran darah ke otak dan melemaskan otot yang tegang.

 

4. Meningkatkan kekuatan otak

Selain mengobati sakit kepala dan meredakan stress, ternyata daun mint juga bisa membantu meningkatkan kekuatan otak. Daun mint dianggap sebagai tonik otak, yang mana menurut penelitian dapat meningkatkan kewaspadaan dan fungsi kognitif pengggunanya. Bagi kalian yang ingin meningkatkan daya ingat, kalian bisa mencoba tanaman satu ini.

 

5. Diet

Manfaat daun mint selanjutnya, sangat cocok bagi kalian yang ingin melakukan program diet. Kandungan kadar kalori yang rendah serta serat yang melimpah, membuat daun mint dapat merancang enzim pencernaan. Hal ini berfungsi sebagai pelarut lemak dan dapat menghadirkan nutrisi secukupnya bagi tubuh. Kalian bisa mencoba mengonsumsi olahan teh mint sehari dua kali, yakni pada pagi hari dan malam sebelum tidur.

Kalian tidak perlu lagi, mulai sekarang, cobalah untuk mengonsumsi olahan daun mint secara rutin dan rasakan manfaatnya pada tubuh. [mnd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar