Gaya Hidup

5 Kegiatan Bareng Orang Tua Ini Bantu Si Kecil Jalani Puasa Secara Maksimal

Surabaya (beritajatim.com) – Bagi setiap orang tua, keistimewaan untuk dapat menyelesaikan tanggung jawab kantor tanpa perlu berat hati meninggalkan si kecil di rumah tak ternilai harganya. Ini merupakan berkah bagi orang tua untuk dapat melihat anak-anak terus tumbuh, sehingga setiap detik yang dihabiskan bersamanya sangat berharga. Memasuki bulan suci Ramadan, kegiatan bersama si kecil dapat dilakukan sembari menunggu waktu ngabuburit.

Berpuasa mungkin merupakan tantangan baru bagi anak-anak, sehingga orang tua perlu menghadirkan aktivitas yang menarik agar anak tetap semangat menunaikan puasa hingga waktu berbuka tiba. Berikut ini merupakan beberapa ide selama berpuasa yang bisa dilakukan bersama si kecil:

 

  • Masak Bersama

 

Ajaklah si kecil menyiapkan makanan berbuka puasa untuk mengajarkan nilai kesabaran dan membangun keterlibatan dirinya dalam aktivitas ini. Mulai dari makanan khas berbuka seperti kolak, es buah, hingga menu makan malam favorit keluarga. Melibatkan anak dalam kegiatan ini dapat membuatnya merasa senang, sehingga hari terasa cepat berlalu. Untuk mendapatkan bahan makanan yang segar dan berkualitas, bisa didapatkan di berbagai supermarket atau minimarket seperti Hypermart, Superindo, Alfamart, atau secara online melalui TaniHub, Pasarro, dan sebagainya. Gunakan metode pembayaran digital ShopeePay untuk menghindari kontak fisik saat berada di kasir.

 

  • Bersantai sambil bermain

 

Kala berpuasa, ajak si kecil menikmati permainan menarik untuk meningkatkan keakraban satu sama lain. Jenis permainan board game seperti scrabble, monopoly, dan twister bisa menjadi alternatif. Aktivitas menyenangkan dan berbasis strategi ini dapat mengasah kreativitas dan kinerja otak anak. Para orang tua dapat menemukan beragam jenis permainan dalam satu ketukan di e-commerce Shopee dan manfaatkan promo menarik yang ditawarkan jika menggunakan layanan pembayaran digital ShopeePay.

 

  • Aktivitas belajar yang asik dan interaktif

 

Bulan suci ini adalah momen yang tepat untuk memperdalam pengetahuan si kecil baik seputar Ramadan dan makna berpuasa maupun eksplorasi berbagai macam hal yang disenangi si kecil. Bimbing sang buah hati untuk menjawab rasa penasarannya dengan menyuguhkan buku-buku anak, menonton film edukasi, maupun melalui simulasi permainan yang Anda ciptakan. Selain membangun rasa penasaran, aktivitas ini dapat menambah wawasan si kecil sekaligus menunggu waktu berbuka.

 

  • Persiapkan hampers untuk mengeratkan silaturahmi

 

Bulan Ramadan merupakan bulan yang identik dengan menjalin silaturahmi dengan orang tersayang. Ajak si kecil menyiapkan bingkisan untuk dikirim pada orang terkasih agar tenggang rasa dan budaya silaturahmi di bulan suci tetap tersalurkan dan waktu menunggu buka puasa tidak terasa. Libatkan anak dalam diskusi memilih barang untuk dibagikan dan berikan ia keleluasaan untuk membuat kartu ucapan dan menghiasnya. Agar lebih praktis dalam menyiapkan hampers, beli segala kebutuhan secara online melalui aplikasi Shopee atau kunjungi ke toko terdekat dan andalkan pembayaran digital ShopeePay agar menikmati promo cashback.

 

  • Ajak berbagi kebahagiaan 

 

Bulan penuh berkah ini bisa menjadi momen baik untuk berbagi kebahagiaan pada mereka yang membutuhkan. Bangun motivasi beramal si kecil dengan mengajaknya saat sedang bersedekah. Tak terbatas pada cara konvensional saja, beramal juga saat ini bisa dilakukan dengan melakukan donasi digital melalui layanan pembayaran digital seperti ShopeePay. Terdapat berbagai badan donasi yang telah bekerja sama dengan ShopeePay, seperti Kitabisa.com, BenihBaik, dan sebagainya yang dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi Shopee pada fitur Pulsa, Tagihan & Hiburan.

Itulah 5 kegiatan kala berpuasa yang bisa dilakukan bersama si kecil. Maksimalkan momen berpuasa untuk bisa mengajarkan dan mempraktekan nilai-nilai kebaikan pada anak agar dapat dibawa di kemudian hari. Berpikir kreatif dan meluangkan waktu merupakan dua aspek penting untuk bisa membuat anak senang dan tetap semangat menjalani ibadah puasa.[rea]


Apa Reaksi Anda?

Komentar