Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

4 Tips dan Trik Rahasia Turunkan Berat Badan, Sudah Pernah Coba?

(Foto: Sean S, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Anda sudah melakukan beragam metode diet namun, belum juga membuahkan hasil? Anda pasti bertanya-tanya apakah ada yang salah dengan laku diet anda, atau mungkin ada hormon yang mengganggu diet anda.

Nah, simak empat tips dan trick rahasia menurunkan berat badan yang mungkin saja belum pernah Anda dengar berikut ini:

Kurangi olahraga kardio

Melansir laman Self, Jumat (22/10/2021) Christy Brissette, MS, RD, presiden 80 Twenty Nutrition mengatakan bahwa kardio berpotensi membuat Anda jadi kurus ke gemuk. “Cara terbaik untuk meningkatkan metabolisme Anda adalah dengan membangun otot, lakukan angkat beban atau latihan ketahanan.”

Olahraga semacam itu sangat baik untuk menstabilkan metabolisme Anda selama berhari-hari, tidak hanya dahalm hitungan jam seperti kardio. Ini karena otot membakar lebih banyak kalori yang ada di tubuh Anda.

Makan di tempat tenang

Menurut sebuah studi, seseorang cenderung makan lebih banyak saat mereka terganggu oleh tugas lain seperti membaca, memeriksa ponsel, atau menonton TV. Para peneliti Universitas Illinois, Amerika Serikat menemukan bahwa tempat kita makan akan berpengaruh pada pola makan kita. Bahkan, kebisingan yang datang dari ruangan lain dapat membuat seseorang makan lebih banyak kue saat makan malam daripada yang seharusnya.

Untuk memastikan Anda hanya makan apa yang ingin Anda makan, dan hanya apa yang benar-benar diminta oleh rasa lapar Anda, duduklah dan fokus pada makanan Anda di tempat yang tenang.

Makan dengan sumpit

Menggunakan sumpit sebagai pengganti sendok atau garpu menyebabkan Anda makan lebih lambat dan mengonsumsi lebih sedikit makanan. “Butuh waktu untuk mengetahui cara memasukkan makanan dengan sumpit yang dapat membantu Anda makan dengan lambat,” jelas Tanya Zuckerbrot, MS, ahli gizi F-Faktor pola makan. Usahakan makan dengan sumpit dua hingga tiga kali seminggu, di rumah atau di meja kerja Anda, untuk merasakan manfaatnya.

Jalan-jalan sebelum dan sesudah makan malam

Andrea Metcalf, pelatih pribadi bersertifikat dan penulis Naked Fitness merekomendasikan Anda untuk jalan-jalan dua jam sehari atau lebih jika Anda mencoba menurunkan berat badan. “Saya serius, melakukan cara tersebut tidak sesulit yang Anda pikirkan.”

Metcalf juga menyarankan berjalan 10 menit sebelum dan sesudah makan atau tambahkan hingga 60 menit. Kemudian lakukkan satu jam lagi untuk treadmill atau berjalan-jalan di sekitar lingkungan Anda. Selain itu Anda juga dapat dengan mudah mendapatkan lebih banyak manfaat dengan naik tangga, dan berjalan-jalan ke tempat kerja. [rsf/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar