Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

10.000 Benih Ikan Kembali Ditabur di Sungai Brantas Mojokerto

Penaburan benih ikan di Sungai Brantas.

Mojokerto (beritajatim.com) – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Mayjen Sungkono (Unimas) Kota Mojokerto bekerja sama dengan Polresta Mojokerto tabur benih di Sungai Brantas.

Sebanyak 10 ribu benih ikan tersebut diharapkan bisa mengembalikan populasi ikan lokal yang ada di Sungai Brantas.

Kegiatan ini bertajuk ‘Gerakan Peduli Kali Brantas dengan menaburkan 10 ribu Ikan Lokal Sebagai Ketahanan Protein Masyarakat Mojokerto’. Kegiatan digelar Jogging Track (JT) Jalan Hayam Wuruk Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto. Turut hadir dua anggota DPRD Kota Mojokerto, Sonny Basoeki Rahardjo dan Agus Wahjudi Utomo.

Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan Unimas, Yunus mengatakan, tujuan kegiatan tersebut dalam rangka untuk melestarikan ikan-ikan lokal yang ada di Sungai Brantas yang semakin berkurang. “Ada sebanyak 10 ribu benih ikan kita tabur di Sungai Brantas,” ungkapnya, Sabtu (21/8/2021).

Penaburan benih ikan di Sungai Brantas.

Masih kata Yunus, harapannya ikan lokal yang ada serta lingkungan di Sungai Brantas tetap terjaga. Masih kata Yunus, jika ikan masih hidup maka air di Sungai Brantas tetap terjaga kelestarian. Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 10 ribu benih ikan ditabur ke Sungai Brantas.

“Ada ikan wader, bader, gurame, patin yakni ikan yang ada di Sungai Brantas kita lepaskan kembali dengan harapan Sungai Brantas memiliki kekayaan ikan-ikan lokal bisa terus terjaga. Selain itu lingkungan sekitar juga terjaga dari pencemaran,” katanya.

Selain itu, tambah Yunus, nantinya jika sudah besar ikan-ikan tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat untuk lauk yang memiliki gizi yang bagus. Dari penelitian yang dilakukan Unimas, populasi ikan di Sungai Brantas terus berkurang.

“Karena mungkin banyaknya masyarakat yang belum paham tentang lingkungan hidup sehingga dia menggunakan alat setrum. Ngambilnya tidak dengan pancing tapi alat setrum, sehingga ikan-ikan kecil yang seharusnya bisa tumbuh ikut tersetrum dan mati,” jelasnya.

Kasat Reskrim Polresta Mojokerto, Iptu Hari Siswanto menambahkan, sebelumnya Polresta Mojokerto juga menabur benih 10 ribu bibit ikan di Sungai Brantas pada, Selasa (27/7/2021) lalu. “Kegiatan ini dilakukan untuk menjaga ketersediaan air dan ekosistem yang ada,” tambahnya. [tin/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati

Unik dan Lucu, Lomba Sugar Glider di Surabaya

Aryo Seno Bicara Organisasi Sayap PDI Perjuangan