Beritajatim Foto

Ayam-ayam Petelur yang Penuhi Kebutuhan Warga Sekitar Proyek J-TB

Bojonegoro (beritajatim.com) – Hasil survei studi sosio ekonomi 2013 terhadap warga sekitar wilayah proyek pengembangan gas lapangan unitisasi Jambaran-Tiung Biru (J-TB) di Desa Dolok Gede, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro menyebutkan, sebagian besar mata pencaharian masyarakat wilayah operasi Pertamina EP Cepu (PEPC) tersebut sebagai petani dan peternak.

Dari potensi yang ada itu, pihak Pertamina EP Cepu melalui salah satu program CSR/PKPO bekerjasama dengan Pemerintah Desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) dan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) setempat mengembangkan budidaya ayam petelur untuk meningkatkan ekonomi mandiri serta pemenuhan kebutuhan gizi bagi masyarakat.

Dari hasil kerjasama yang sudah terjalin sejak 2018 itu, akhirnya kini mulai berkembang. Setiap hari, dari satu kandang yang ada di Desa Dolok Gede, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro bisa menghasilkan sebanyak 1.057 butir telur atau anatara 63 sampai 66 kg telur. Jumlah itu dari sekitar 1.300 ekor ayam.

Kini, budidaya ayam petelur itu bisa bermanfaat bagi warga sekitar baik dari segi pemenuhan gizi dari telur, maupun kemandirian ekonomi. Setiap bulan, BUMDesa yang mengelola budidaya ayam petelur itu bisa mendapat laba antara Rp10 juta yang dikelola secara mandiri. [lus/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar