Ekbis

Wings Air Tak Layani Penerbangan 3 Hari dalam Seminggu Rute Sumenep – Surabaya

Sumenep (beritajatim.com) – Penerbangan pesawat komersil dari Bandara Trunojoyo Sumenep yang dilayani Maskapai Wings Air dengan rute Surabaya – Sumenep dan sebaliknya, kembali mengalami pengurangan frekuensi.

“Pengurangan jadwal terbang Wings Air itu terhitung hari ini hingga 20 Mei 2019, untuk rute Surabaya – Sumenep dan sebaliknya. Setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu, tidak ada penerbangan. Selain tiga hari itu, tetap terbang seperti biasa,” kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Indra Triyantono, Kamis (09/05/2019).

Sejak September 2017, Bandara Trunojoyo disinggahi penerbangan komersil dengan rute Surabaya – Sumenep dan sebaliknya. Penerbangan tersebut dilayani maskapai Wings Air dengan pesawat jenis ATR 72 yang berkapasitas penumpang maksimal 72 orang.

“Berdasarkan surat yang dilayangkan pihak managemen Wings Air ke Bandara, pengurangan frekuensi penerbangan hingga tiga kali dalam seminggu itu lebih disebabkan karena ‘maintenance’ pesawat, dan bukan karena turunnya jumlah penumpang,” terang Indra.

Indra mengungkapkan, ‘manintenance’ terhadap pesawat sangat diperlukan menghadapi lonjakan penumpang selama arus mudik dan balik lebaran, serta liburan sekolah.

“Tahun ini ‘peak season’ penumpang diperkirakan cukup panjang, sekitar 2 bulan, mulai 20 Mei – 26 Juli 2019,” ujarnya.

Ia mengakui, sejak Januari 2019, terjadi penurunan jumlah penumpang pesawat yang cukup signifikan. Bahkan untuk rute Surabaya – Sumenep dan sebaliknya, Wings Air beberapa kali membatalkan penerbangan karena minimnya jumlah penumpang.

“Senin dan Selasa kemarin penerbangan terpaksa dibatalkan, karena jumlah penumpangnya sangat sedikit. Dari Surabaya – Sumenep 5 orang, dan dari Sumenep – Surabaya 7 orang. Kalau dipaksakan terbang juga tidak mungkin, karena maskapai pasti merugi,” ucapnya. [tem/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar