Ekbis

Warisi Ilmu dari Ortu, Pria Kediri Sukses Budidaya Blimbing

Mukrim, Petani Blimbing Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Warga Desa Sumbercangkring, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri sukses membudidayakan tanaman buah belimbing. Dengan diawali hanya menanam 100 pohon belimbing, kini sudah berkembang seluas 2 hektar. Bahkan penjualan buahnya kini telah menyebar di seluruh Pulau Jawa, Bali dan Sulawesi .

Pria ini bernama Mukrim. Pengetahuan tentang budidaya belimbing didapatnya langsung dari orang tuanya, ketika masih duduk di bangku SMA dan dikebangkan secara otodidak. Karena melihat potensi yang bagus, akhirnya Mukrim meutuskan untuk konsentrasi dengan buddaya belimbing.

Kendati perkebunan blimbing milik Mukrim ini tidak berada di Area Wisata Kabupaten Kediri, atau daerah penghasil blimbing di dataran tinggi Kabupaten Kediri, namun dia memiliki cita – cita ingin membuat icon untuk Kabupaten Kediri.

“Saya berkeinginan agar menjadi sentra penghasil blimbing, terutama di Desa Sumbercangkring ini,” katanya.

Hasil panenan sebelum pendemi, perkebunan belimbing milik Mukrim ini banya di kunjungi wisatawan dari luar Kabupaten Kediri. Bahkan usaha dari Mukrim ini menjadi sentra produksi blimbing di kabupaten kediri karena sudah menjangkau Pasar Nasional.

Dia bercerita, memulai usaha ini ketika setelah SMA, karena membantu orang tua. Kemudian dia belajar menanam blimbing dan prospeknya bagus. Sejak saat itu dia terus kembangkan usaha perkebunan ini.

Di lahan seluas 2 hektar miliknya, kini mampu menghasilkan sedikitnya 3 ton blimbing. Sementara dalam setahun bisa panen hingga 3 kali dan hasilnya dikirim ke Makassar, Malang, Surabaya, Jakarta, Sumatera, Bali, NTB dan Bandung. [nm/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar