Iklan Banner Sukun
Ekbis

Warga Antusias Ikuti Donor dan Skrining Plasma Konvalesen Empat Perusahaan

PT Surya Dermato Medica Laboratories, PT Rembaka, PT Eskol Surya Anugrah, PT Surya Kemenangan Sejahtera bekerja sama dengan PMI Kota Surabaya mengadakan kegiatan 'Donorkan Darahmu dan Skrining Plasma Konvalesen Agar Kehidupan Indonesia Terjaga'.
Surabaya (beritajatim.com) – Sebagai wujud kepedulian pada sesama dan aksi peduli pandemi Covid-19, PT Surya Dermato Medica Laboratories, PT Rembaka, PT Eskol Surya Anugrah, PT Surya Kemenangan Sejahtera bekerja sama dengan PMI Kota Surabaya mengadakan kegiatan ‘Donorkan Darahmu dan Skrining Plasma Konvalesen Agar Kehidupan Indonesia Terjaga’.
Tidak hanya kegiatan donor darah dan skrining plasma konvalesen, dalam rangkaian acara ini juga dilakukan pembagian paket sembako yang masing-masing berisi beras, minyak goreng, susu UHT, madu dan telur ayam kepada peserta donor serta skrining plasma konvalesen.
Selain itu, juga diserahkan sumbangan 5000 masker medis, hand sanitizer, disinfektan dan baju APD kepada PMI Kota Surabaya. Kegiatan ini dilangsungkan pada Sabtu (7/8/2021) hari ini mulai pukul 07.30 WIB hingga selesai. Acara digelar di di PT Rembaka, Jalan Berbek Industri VII nomor 4, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo.
Direktur PT Surya Dermato Medica Laboratories, Kuncoro Tanudirjo mengungkapkan, bahwa kegiatan ini merupakan aksi kepedulian untuk menolong pihak-pihak yang terdampak Covid-19.
“Kami berharap agar semua elemen masyarakat turut bahu membahu dalam menghadapi pandemi ini. Kita lakukan semampunya walau dalam skala yang kecil. Semoga nanti bisa diikuti oleh perusahaan-perusahaan lain di lingkungan SIER, lalu Surabaya dan seluruh Indonesia. Beban seberat apapun kalau dipikul bersama akan lebih ringan,” kata Kuncoro kepada media.
Menurut dia, jumlah peserta hingga pukul 10.15 siang adalah 101 orang, yang mengikuti skrining plasma konvalesen sebanyak 31 orang dan 70 orang donor darah biasa.
Didik Prasetiyono, Direktur Operasi PT SIER menambahkan, terapi plasma konvalesen ini dipercaya dapat membantu proses pemulihan pasien infeksi virus Corona. Plasma pasien positif Covid-19 yang telah sembuh sanggup mengeliminasi atau memobilitasi virus, sehingga lingkaran infeksi terputus.
Pasien penerima donor diharapkan bisa terhindar dari serangan virus, untuk kemudian memperbaiki jaringan yang sudah terlanjur rusak, untuk meningkatkan sistem imun.
“Meski sangat efektif membantu kesembuhan pasien positif Covid-19, untuk mendapatkan pendonor plasma cukup sulit. Tidak semua penyintas Covid-19 bisa menjadi pendonor. Oleh karena itu upaya PT Surya Dermato Medica Laboratories, PT Rembaka, PT Eskol Surya Anugrah, PT Surya Kemenangan Sejahtera mengadakan kegiatan ini sangat kami apresiasi dan semoga direplikasi oleh perusahaan-perusahaan lain di Kawasan Industri SIER, nanti ujungnya ini diharapkan bisa membantu PMI Kota Surabaya dalam memenuhi tingginya permintaan plasma,” tegas Didik.
Ketua Yayasan Bersama Indonesia Sehat (Bersih), Teguh Prihandoko mengapresiasi kegiatan donor darah dan skrining plasma konvalesen yg dilakukan PT Rembaka dan tiga perusahaan lainnya. Kegiatan ini diharapkan bisa mentrigger perusahaan lain untuk melakukan hal yang sama.
“Insya Allah jika kegiatan ini meluas, maka kecukupan darah dan plasma konvalesen akan terjamin. Secara khusus kita mengapresiasi pelaksanaan donor ini dengan mengutamakan prokes secara ketat,” pungkas Teguh. (tok/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar