Ekbis

Wali Kota Kediri Buka Mukota VI Kadin

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat membuka Musyawarah Kota (Mukota) VI Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar membuka Musyawarah Kota (Mukota) VI Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Kediri, Selasa (23/2/2021) bertempat di Hotel Merdeka Kota Kediri. Mukota ini mengambil tema “Kadin Kota Kediri Bersama Pemerintah Mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Melalui UKM/IKM Go Digital dan Go Export Ala UMKM”.

Dalam sambutannya, Wali Kota Kediri mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang selama ini terjalin sangat baik dengan Kadin Kota Kediri. Di Kota Kediri, Kadin memiliki fungsi untuk melakukan pendampingan-pendampingan UMKM.

“Meskipun di awal kita harus terseok-seok tapi Alhamdulillah karena kita mempunyai komunikasi yang baik Kadin Kota Kediri terus bisa membantu masyarakat Kota Kediri. Mungkin juga ke depan mereka akan mencoba merangkul UMKM yang mungkin belum layak. Saya ingin Kadin muncul di tengah masyarakat. Saat ini mungkin yang besar adalah UMKM,” ujarnya.

Abdullah Abu Bakar menjelaskan di masa pandemi yang sulit ini, Pemerintah Kota Kediri, BI, dan juga Kadin duduk bersama untuk membuat langkah-langkah yang tepat untuk menggerakkan perekonomian di Kota Kediri. Salah satunya dengan membuat Expo UMKM Virtual 2020 dan mendorong UMKM-UMKM untuk go to marketplace.

“Bahkan mama-mama muda dan milenial belanjanya sudah tidak ke mall lagi tapi ke marketplace. Mereka ke mall hanya untuk makan. Rasanya perlu sekali untuk mendorong mereka masuk ke marketplace ini. Alhamdulillah ada yang sudah siap untuk masuk ke marketplace namun ada juga yang belum siap. Tapi tidak masalah karena Pemerintah Kota Kediri, BI dan juga KADIN akan mengkurasi dan mengedukasi teman-teman UMKM ini. Agar mereka bisa masuk ke toko digital,” jelasnya.

Terakhir, Wali Kota Kediri berpesan agar sinergi yang terjalin terus dibangun sampai kapanpun. Sehingga Pemerintah Kota Kediri bersama BI dan juga Kadin dapat terus membesarkan teman-teman UMKM di Kota Kediri.

“Saat ini yang harus kita lakukan bukan lagi bersaing, namun berkolaborasi. Sudah banyak contohnya produk-produk besar yang tidak lagi bersaing namun berkolaborasi. Itu dapat berjalan dan sukses,” harapnya.

Ketua Kadin Provinsi Jawa Timur Adek Dwi Putranto mengapresiasi kerjasama yang baik antara Kadin, Pemerintah Kota Kediri dan juga BI hingga banyak prestasi yang telah ditorehkan. Kadin Kota Kediri juga telah mendorong ekspor dan mencari pasar di ekspor dengan dukungan Pemerintah Kota Kediri dan BI. “Tentu ini dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya. Sinergi ini harus terus dijaga,” ujarnya.

Kemudian, Ketua Kadin Kota Kediri M. Solikhin mengatakan sejak awal bekerja pihanya selalu didukung oleh Pemerintah Kota Kediri dan juga BI. “Di awal-awal Pak Wali mengajak kita ke Sulawesi untuk bersinergi dengan Kadin di Sulawesi. Melalui sinergi yang baik ini pula kita sudah bekerjasama dengan diaspora di beberapa negara,” ujarnya.

Pembukaan Mukota VI Kadin Kota Kediri ini diakhiri dengan pemberian cinderamata dari Ketua Kadin Kota Kediri kepada Wali Kota Kediri, Ketua Kadin Provinsi Jawa Timur, dan Perwakilan dari KPwBI Kediri. [nm/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Coba Yuk, Snack Berlumur Saus Hummus

Rela Tinggalkan Dokter Spesialis

Ngobrol dengan Komunitas Berbagi di Surabaya