Ekbis

Wakil Ketua DPRD Bojonegoro Usulkan Masyarakat Hutan Masuk RDKK Pupuk Subsidi

Wakil Ketua DPRD Bojonegoro Mitroatin saat melakukan reses di Desa Tanjung, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro.

Bojonegoro (beritajatim.com) – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro Mitroatin menggelar reses masa sidang II 2020 di Desa Tanjung, Kecamatan Tambakrejo, Senin (29/6/2020).

Kegiatan yang digelar di Dapil IV tersebut dimanfaatkan untuk menyerap aspirasi masyarakat serta mendukung program pemerintah daerah hingga ke tingkat paling bawah. Sehingga berdampak kepada kesejahteraan masyarakat.

“Banyak masukan yang kami terima dari masyarakat, khususnya bagi warga yang berada di sekitar hutan,” ujarnya.

Mitroatin yang juga sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bojonegoro itu menjelaskan, beberapa masukan yang disampaikan masyarakat tepian hutan diantaranya penyediaan pupuk bersubsidi bagi Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

“Mereka minta LMDH ini masuk sebagai daftar Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) untuk pengadaan pupuk bersubsidi,” terangnya.

Beberapa masukan yang diterima DPRD tersebut, lanjut dia, akan menjadi salah satu usulan untuk menyusun program kerja pemerintah daerah. Diharapkan dengan begitu, rantai kemiskinan di Kabupaten Bojonegoro bisa dikendalikan.

Terlebih, sebagian besar kawasan sekitar hutan menjadi kantong kemiskinan. Untuk memutus kantong kemiskinan itu, akses program pembangunan harus mendapat pengawasan. “Nanti kita usulkan terkait penambahan RDKK pupuk subsidi juga alat pengolah pasca panen,” terangnya.

Sekadar diketahui, dalam reses ketua DPRD Bojonegoro itu diikuti LMDH di seluruh desa yang ada di Kecamatan Temayang. Masyarakat tepi hutan ini sekarang banyak yang bekerjasama dengan pihak perhutani untuk mengelola lahan hutan menjadi lahan pertanian. Lahan pertanian itu ditanami ketela pohon dan jagung. [lus/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar