Iklan Banner Sukun
Ekbis

Hari Pangan Sedunia

Wagub Emil Prakarsai Sinergi Penggiling dan Kelompok Tani

Jombang (beritajatim.com) – Dalam rangka memperingati hari pangan sedunia Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengajak Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) Jatim ikut menjaga ketahanan pangan di Jawa Timur.

“Saya ingin mendengar rencana-rencana kedepan dari Perpadi untuk Ketahanan Pangan di Jatim,” kata Emil saat acara diskusi hari pangan sedunia bersama Perpadi Jatim dan juga dalam rangka meninjau proses pengolahan beras di Pabrik penggilingan padi Sumofood, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (16/10/2021).

Sebagaimana diketahui untuk kedua kalinya Hari Pangan Sedunia diperingati saat pandemi Covid-19. Pandemi telah memicu resesi ekonomi yang hebat, menghambat akses pangan, dan mempengaruhi seluruh sistem pertanian dan pangan. Wagub Emil pun berharap peran dari perusahaan penggilingan padi berdampak kepada kesejahteraan para petani di Jawa Timur.

“Kami berharap peran serta penggilingan terhadap kesejahteraan para petaninya. Karena kemiskinan terbesar di Jatim disumbang oleh petani. Oleh karena itu kita berharap peran dari Perpadi dengan kreativitas dan inovasinya bisa juga kita sinergikan untuk meningkatkan kesejahteraan petani,” ungkap Emil.

Wagub muda ini juga mengharapkan peran Perpadi bukan hanya untuk meningkatkan jumlah produksi pangan saja tetapi kualitas dan mutu juga harus meningkat. “Luas lahan sawah Jatim terbesar di Indonesia. Luas panen kita di 2021 lebih tinggi di 2020. Diharapkan peran rekan Perpadi bisa membantu menjawab tantangan di hulu juga, bukan hanya jumlah produksi tapi kualitas dan mutu bisa naik juga,” katanya.

Peraih gelar doktor ekonomi pembangunan ini juga menambahkan penyerapan hasil oleh penggilingan besar dari penggilingan yang kecil akan dapat meningkatkan harga saing. “Banyak sekali penggilingan yang lebih besar juga menyerap hasil penggilingan yang lebih kecil. Kemudian di-upgrade lagi kualitasnya supaya kemudian dia mendapatkan harga yang lebih bersaing. Jadi tidak kemudian yang besar mematikan yang kecil,” lanjut Emil.

Senada dengan Wagub Jatim, Ketua Perpadi Jawa Timur Hendra Tanuwijaya menyampaikan bahwa Perpadi akan melakukan pemitraan dengan sektor hulu untuk mengantisipasi jatuhnya harga penjualan gabah petani. “Kami akan melakukan permitraan dengan sektor hulu. Harapannya penjualan gabah dengan petani bisa diantisipasi atas jatuhnya harga,” jelas Ketua Perpadi Jatim di Akhir Acara.

Wagub Emil kembali berharap, dengan adanya sinergi yang telah dibangun bisa membuat petani tersenyum di hari pangan sedunia. “Semangat sinergi yang kita bangun memberikan peluang bagi Poktan untuk mendapat bagian nilai tambah dari proses tadi. Petani juga bisa tersenyum di hari pangan ini,” pungkasnya. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar