Iklan Banner Sukun
Ekbis

Wagub Emil Dardak Sebut Lamongan Berpotensi Jadi Kawasan Industri Baru

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak dan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Minggu (5/6/2022)

Lamongan (beritajatim.com) – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengatakan bahwa Kabupaten Lamongan merupakan salah satu wilayah yang sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi kawasan industri baru di Jawa Timur.

Sehingga pihaknya akan selalu bersinergi dengan kawasan industri untuk membangun perekonomian Jatim, tak terkecuali Lamongan. Menurutnya hal ini sebagai upaya dalam meningkatkan kembali geliat ekonomi pasca Pandemi Covid-19.

Tak hanya itu, pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Demokrat Jatim ini menambahkan bahwa untuk padat karya di Lamongan juga kompetitif. Selain karena masih ada area yang terbuka, akses ke jalan tol nantinya relatif mudah dan dekatan dengan Surabaya yang merupakan kawasan Ring 1.

“Industri-industri besar di sini (Lamongan) sangat berpotensi. Kita harap ini memang benar-benar terealisasi kawasan industri baru. Kita juga kemarin bertemu dengan pelaku kawasan industri, kita diundang, dan saya sampaikan bahwa yang potensial adalah Lamongan, untuk padat karya juga bisa,” ujar Wagub Emil saat meninjau TPST Samtaku, di Banjarmendalan, Lamongan, Minggu (5/6/2022).

Lebih lanjut, Emil ini mengungkapkan bahwa Menko Perekonomian sudah memutuskan kalau Lamongan menjadi salah satu yang menjadi project prioritas bersama Babat, Gresik dan Tuban.

“Yang harus dikejar, minimal sudah jelas konsepnya, siapa kira-kira yang mengerjakan dan pendanaannya. Minimal itu harus beres. Apalagi Lamongan juga sangat berpotensi di wilayah pesisirnya, yang saat ini telah ada Lamongan Shorbase (LS),” ungkapnya.

Mantan Bupati Trenggalek juga mengajak kepada seluruh pihak untuk bersama-sama berjuang mendorong kembali pertumbuhan ekonomi meskipun banyak persoalan yang masih perlu dihadapi dan diselesaikan.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak saat mengunjungi TPST Samtaku di Lamongan

“Pokoknya lihat dulu progres yang kita lakukan. Kan sudah jelas rencananya ini, nantinya pemerintah akan menyiapkan dan melelang. Ini kita harapkan tapi nantinya Pak Bupati hati-hati, jangan sampai yang main adalah spekulan,” tuturnya.

Meski begitu, Emil menegaskan, di tengah rencana kawasan industri yang begitu gencar disuarakan, ia menjamin jika hal ini tak akan menggangu sisi pertanian yang ada di Kabupaten Lamongan. “Tenang saja kalau dari sisi pertanian tetap dijaga, karena ada LP2B (Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan) dan lumbung pangan juga di Lamongan,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat dikonfirmasi menyampaikan, saat ini sejumlah persiapan telah dilakukan demi menyambut rencana kawasan industri baru yang digaungkan di Lamongan. “Ya, Lamongan terus mempersiapkan semuanya. Selain ada LS, juga ada kawasan industri Jaka Mitra yang saat ini masih dalam proses penyelesaian, sosialisasi kepada masyarakat dan Amdalnya,” ujar Bupati Yuhronur. [riq/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar