Ekbis

Wabup Jember ke Belgia

Bupati Faida dan Direktur Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia Agung Wahyu Susilo

Jember (beritajatim.com) – Wakil Bupati Abdul Muqit Arief memimpin delegasi Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, ke Belgia, 26-28 Juli 2019.

Bupati Faida mengatakan, delegasi ini untuk merespon keinginan dari Belgia agar Jember mengambil peran menyuplai coklat dengan pendampingan sistim fermentasi standar negara tersebut. Sebagaimana dilansir Humas dan Protokol Pemkab Jember, ia berharap Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia mengambil peran.

“Sehingga apabila masyarakat komunitas petani ingin merespon hal ini, Pemkab siap memfasilitasi dengan memilih kluster-kluster di desa dan wilayah untuk kopi dan kakao,” kata Faida, dalam acara forum.grup diskusi tentang pembangunan agroindustri berbasis kopi dan kakao, di kantor Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, di Jalan PB. Sudirman, Jember, Selasa (30/7/2019).

Faida menegaskan, Jember bisa berkembang jika tetap berbasis pertanian. Saat ini tantangan ekonomi di Jember adalah transformasi struktural dari arah pertanian murni menjadi arah perdagangan, industri, dan jasa dengan tetap berbasis pada pertanian.

Menurut Faida, Pemkab Jember bersama Puslitkoka sedang mengembangkan dan membangun industri kecil menengah (IKM) yang berbasis pertanian, terutama kopi dan kakao. “Pemerintah Kabupaten Jember siap membantu anggaran khusus dialokasikan untuk pengembangan industri perdagangan dan jasa yang berbasis kopi dan kakao di Jember,” katanya. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar