Ekbis

Usaha Rumah Kos yang Kian Menjamur di Ponorogo

Ponorogo (beritajatim.com) – Kecamatan Ponorogo kota merupakan pusat aktivitas warga. Banyak masyarakat dari luar kecamatan tersebut yang melakukan kegiatan, baik itu bekerja atau belajar. Melihat potensi itu, usaha properti merupakan bisnis yang menjanjikan. Salah satunya adalah usaha rumah kos. Menurut data dari Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), ada 11 izin baru untuk usaha rumah kos.

”Adanya beberapa kampus di Kecamatan Kota dan Siman membuat geliat usaha kos semakin diminati,” kata Plt Kepala DPMPTSP Agus Sugiharto, Jumat (6/12/2019).

Agus mengungkapkan selain izin yang sudah diterbitkan, juga ada yang masih mengajukan proses. Jumlah 11 izin yang diterbitkan itu, kata Dia berupa tanda daftar usaha pariwisata (TDUP). Itu menjadi salah satu persyaratan jika seseorang ingin berbisnis rumah kos atau penginapan di Bumi Reyog.

”Ada juga pengusaha rumah kos yang baru mengurus perizinan, padahal usahanya tersebut sudah dijalankan,” katanya.

Itu lantaran adanya penertiban terhadap perizinan yang membuat mereka akhirnya bersedia mengurus secara resmi. Selain itu mungkin sekarang prosesnya sangat mudah dan ringkas, jadi dengan kesadaran diri mengurus izin usahanya.

”Mungkin dulu ngurusnya ribet jadi waktu membuka usaha belum diurus, beda dengan sekarang yang proses mudah,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar