Ekbis

Urai Kemacetan Penyeberangan Kalianget – Talango, Pemkab Sumenep Siap Tambah Kapal

Sumenep (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menyatakan segera ada penambahan armada kapal tongkang untuk mengurai kemacetan di penyeberangan Kalianget – Pulau Talango.

“Ada dua kapal yang tengah disiapkan untuk penyeberangan Kalianget – Talango. Saat ini masih tahap finishing,” kata Kepala Dinas Perhubungan Sumenep, Agustiono Sulasno, Kamis (05/12/2019).

Ia menjelaskan, dari dua kapal tambahan yang nantinya akan beroperasi di jalur penyeberangan Kalianget-Talango, salah satunya milik badan usaha milik daerah (BUMD) Sumenep, yakni PT Sumekar.

“Sedangkan satu kapal lagi milik perorangan, yakni Karsono, warga Talango. Dua kapal tongkang itu akan melayani penyeberangan Kalianget – Talango, untuk mengurai antrian panjang kendaraan yang akan menyeberang,” ujar Agustiono.

Sebelumnya, sejumlah warga Pulau Talango berunjuk rasa ke Bupati Sumenep. Mereka mengeluhkan minimnya armada kapal penyeberangan di lintasan pendek Kalianget – Talango, yang menyebabkan antrian panjang kendaraan yang akan menyeberang.

Selama ini jalur penyeberangan Kalianget-Talango dan sebaliknya hanya dilayani oleh dua armada. Namun beberapa minggu terakhir, hanya satu armada yang melayani, karena satu armada lain rusak. Akibatnya, kerap terjadi antrian kendaraan yang akan menyeberang hingga 1 kilometer, baik di sisi Kalianget maupun Talango.

Kecamatan Talango merupakan salah satu kecamatan kepulauan di Kabupaten Sumenep. Untuk menyeberang dari Kalianget – Talango menggunakan kapal tongkang, dibutuhkan waktu sekitar 20 menit. [tem/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar