Ekbis

UPZ Baznas Petrokimia Gresik Bangkitkan Pelaku UMKM

Gresik (beritajatim.com) – Puluhan pelaku UMKM tampak menjajakan dagangannya di pinggir jalan dengan menggunakan rombong bertuliskan “Berkah”. Mereka merupakan warga Kelurahan Sukorame, Kecamatan Gresik yang masuk ring satu berdekatan langsung dengan perusahaan Petrokimia Gresik.

Salah satu pelaku UMKM, M.Sholeh (51) yang berprofesi sebagai penjual sate ayam menuturkan, dirinya sangat terbantu sekali dibantu rombong untuk menghidupi keluarga serta membiayai sekolah anaknya.

“Saya terbantu diberi bantuan rombong untuk berjualan sate ayam. Alhamdulillah satu hari bisa laku 500 tusuk sate,” tuturnya, Kamis (1/12/2022) sambil tersenyum.

Penjual sate ayam M.Sholeh merupakan gambaran pelaku UMKM agar cepat bangkit di tengah menurunnya pandemi covid-19. Pasalnya, dua tahun melanda telah meluluhlantakan semua sektor termasuk ekonomi.

Untuk membangkitkan pelaku UMKM tersebut, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Petrokimia Gresik membagikan 32 unit rombong dari total 251 rombong yang didistribusikan yang masuk di ring satu perusahaan.

“Nantinya program itu akan terus berkelanjutan tidak hanya dibantu dengan rombong saja. Tapi juga ada pendampingan supaya bisa mandiri,” ujar Dirut Petrokimia Gresik, Dwi Satryo Annurogo.

Ia menambahkan, ada tiga kunci untuk memperdayakan pelaku UMKM sesuai arahan dari Kementrian BUMN. Pertama, pendidikan untuk generasi penerus. Kedua, kelestarian alam terkait dengan perubahan iklim, dan yang ketiga adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui UMKM.

“Warga Kelurahan Sukorame tak perlu kuatir karena masuk ring satu perusahaan kami. Perusahan tidak bisa sejahtera sendiri, jika di lingkungan sekitar tidak sejahtera,” imbuhnya.

Sementara itu, Lurah Sukorame Uman Iswahyudi mengatakan, keberadaan rombong berkah ini sudah diberikan ke warganya. Dirinya mengapresiasi adanya bazar rombong yang secara tidak langsung membantu masyarakat kurang mampu melalui UMKM.

“Saya berharap pembinaan ini terus berkelanjutan mengingat warga kami masih membutuhkan bantuan agar bisa mandiri secara ekonomi kedepannya,” katanya. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar