Iklan Banner Sukun
Ekbis

UMKM Sidoarjo Naik Kelas, Terus Digenjot Gus Muhdlor

Pecah Kendi. Gus Muhdlor siap melepas kontainer 40 feet tujuan Jeddah - Arab Saudi

Sidoarjo (beritajatim.com) – Keinginan UMKM Sidoarjo naik kelas terus didengungkan dan diinginkan oleh Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor).

Seperti yang dialami oleh CV Indigo Sejahtera di Desa Lebo Sidoarjo, produksi olahan mie beragam rasa, berhasil menembus pasar ekspor mancanegara.

Kali ini CV. Indigo Sejahtera milik Ageng Sulistiana mampu melepas 8 kontainer 40 feet siap kirim ke negara Timur Tengah, dengan tujuan Jeddah dan Saudi Arabia.


Pemberangkatan eksport perdana mie telor dan mie sayur merk Zumami ke Jeddah itu dilepas langsung oleh Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor). “Saya bangga dengan UMKM CV Indigo Sejahtera ini. Ini sudah naik kelas, karena kebanjiran order dan luar negeri,” ucap Gus Muhdlor usai melepas pemberangkatan kontainer 40 feet dari lokasi pabrik Senin (5/9/2022).

Gus Muhdlor menjelaskan, sudah saatnya para pelaku UMKM Kabupaten Sidoarjo merambah mancanegara. Ia melihat produk-produk UMKM Sidoarjo tidak kalah bersaing dengan produk luar.

Terbukti 300 orang pelaku UMKM dapat memasarkan produknya keluar negeri. Hal tersebut membanggakan bagi Kabupaten Sidoarjo. Export Center Surabaya itu menarget hanya seribu UMKM untuk 9 provinsi untuk Go Internasional.

“Bayangkan 300 diantaranya itu UMKM dari Sidoarjo, atau 20 persen dari 9 provinsi itu dari Sidoarjo. Ini adalah satu hal yang harus dibanggakan dan dipupuk kedepan,” paparnya.

Gus Muhdlor menandaskan, sejak awal dirinya menginginkan UMKM di Kabupaten Sidoarjo ini maju dan berkembang. Oleh karenanya UMKM naik kelas menjadi salah satu visinya menjadi Bupati Sidoarjo.

“Visi awal bupati untuk merubah paradigma bahwa UMKM Sidoarjo dari think local dan act global harus go Internasional, menjadi pahlawan – pahlawan devisa baru, bukan hanya menjadi pemain lokal atau di negaranya sendiri,” tukas alumnus Unair Surabaya itu.

Gus Muhdlor juga berharap para pelaku UMKM Sidoarjo untuk terus berinovasi terhadap produknya. Dikatakannya untuk menjadi pengusaha yang sukses, bukan hanya berbicara tentang kejelian melihat peluang pasar.

Namun bagaimana membuat inovasi-inovasi yang selalu ditunggu masyarakat. Seperti yang dilakukan CV Indigo Sejahtera saat ini mengharumkan nama Kabupaten Sidoarjo di level internasional.

“Saya mendukung terus UMKM di Sidoarjo naik kelas, tidak jago kandang saja, melainkan juga harus level dunia,” harap putra KH Agoes Ali Masyhuri itu

Dalam kesempatan sama, Direktur Utama CV Ageng Sulistiana mengapresiasi yang dilakukan Pemkab Sidoarjo, lewat bupati muda dan enerjik dalam mendukung usahanya untuk terus berkembang di Sidoarjo.

Alhasil, perusahaannya bis melakukan ekspor produknya ke negara Timur Tengah. Pertama ada 1 kontainer 40 feet produk olahan mie kering.

Dikatakannya ekspor kali ini Jumlahnya terus meningkat. Sehingga dalam kurun waktu sampai dengan akhir tahun membukukan pengiriman 8 kontainer 40 feet. “Ini adalah ekspor perdana. Tentunya setelah Jeddah dan Arab Saudi, pemasaran kami bisa merambah ke manca negara lainnya,” harapnya.

Meskipun adanya kenaikan BBM, Ageng optimistis usahanya tetap bisa bersaing dengan menambah jam kerja dan mesin produksi guna menambah kapasitas hasil produksi yang sebelumnya mengandalkan tenaga manusia secara manual.

“Shift pekerjaan akan kami tambah, termasuk mesin untuk pendukung produksi yang lebih besar juga akan kami lakukan,” katanya. (isa/ted)

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar