Ekbis

UMKM Perlu Terobosan Teknologi

Surabaya (beritajatim.com)  – UMKM di Jatim terus tumbuh seiring dengan waktu. Namun sedikit yang bisa bertahan apalagi memanfaatkan teknologi untuk menembus pasar internasional.

“UMKM butuh banyak mengerti teknologi demi mendapatkan pasar yang lebih luas lagi,” ungkap Kepala Bidang Pemasaran Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim, Ahmad Basuki saat Kegiatan Bincang Bisnis Harian Surya yang digelar bersama HP, menghadirkan beberapa narasumber yang terkait Usaha Kecil Menengah (UKM).

Founder Surabaya ini Your Hand, Amiranto Adi Wibowo dan tenaga ahli Free Trade Agreement Center, Fernanda Reza Muhammad juga menjelaskan salah satu kunci sukses UMKM selain teknologi adalah kreatifitas dalam packing juga sangat penting. Bahkan dengan proses produksi sederhana saja, asal packing produk bagus akan membuat konsumen datang.

Forum bertema “Memperkuat Ekosistim UMKM dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0” di Dyandra Convention Center, Surabaya itu, juga menghadirkam Marketing Communicator Manager HP Consumer & Commercial Printer Category, Fajar Hariyanto.

Sementara dari Bank UMKM, Bambang Rushadi, mengatakan, saat ini banyak produk bank UMKM Jatim yang sudah bisa dipilih pelaku UKM. “Salah satunya produk kami untuk pembiayaan UKM adalah kredit dengan suku bunga 6 persen. Hal itu bisa dimanfaatkan dengan menyesuaikan peruntukan dan sektor UKM-nya,” tandasnya.[rea/ted]

 

Apa Reaksi Anda?

Komentar