Ekbis

Ultah ke-74, PT KAI Dapat Kado Coretan Lukisan Pencinta Kereta di Stasiun Gubeng

Vincent Prijadi Purnowo pemuda berkebutuhan khusus memberikan hadiah pameran lukisan kereta api untuk hut PT KAI ke-74 di stasiun Gubeng, Surabaya, Kamis (26/9/2019). (manik priyo prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) – Komunitas pecinta Kereta Api memberikan kejutan dengan mengadakan seni rupa lukisan kereta di Stasiun Gubeng, Surabaya, Kamis (26/9/2019). Para pecinta kereta ini tak hanya memberikan kejutan berupa pameran lukisan. Mereka juga memberikan aksi melukis kereta di stasiun. Suprapto, Manajer Humas PT KAI Daop VIII, Surabaya menjelaskan, hadiah ini merupakan hasil karya para komunitas pecinta kereta.

“Aksi ini dilakukan oleh pelukis berkebutuhan khusus bernama Vincent Prijadi Purnowo yang mengelar hasil karya lukisannya di selasar jalan masuk ke Stasiun Gubeng. Selama empat hari,” jelasnya kepada beritajatim.com, Kamis (26/9/2019).

Prapto memaparkan, pameran lukisan ini dilaksanakan dari tanggal 26 s/d 29 September 2019. Sebanyak 12 hasil karya lukisan dari pria kelahiran Surabaya, 13 Oktober 2003 ini ditampilkan.

Hasil karya lukisan Vincent bercerita tentang gambaran seputar kondisi perkeretaapian, dari sudut kecintaan pada transportasi berbasis rel. Pameran lukisan ini merupakan bagian dari perayaan menyambut Hari Ulang Kereta Api yang ke-74, yang akan jatuh pada tanggal 28 September 2019.

“Saya berikan kado bagi kereta api yang berulang tahun ke-74, dengan menampilkan hasil karya lukisan bertemakan kereta api,” ujar Vincent.

Pameran lukisannya mendapat tangapan positif dari masyarakat dan para penumpang di Stasiun Gubeng. Banyak para penumpang maupun pengantar menyempatkan diri menikmati hasil karya dari Vincent.

Selain pagelaran pameran lukisan, ada beberapa event spesial yang ditampilkan di Stasiun Surabaya Gubeng dalam rangka menyambut HUT KA ke-74 kali inu, diantaranya adalah pagelaran pameran UMKM binaan KAI Daop 8 Surabaya dan photo booth bertemakan ikon-ikon wisata unggulan di Jawa Timur seperti Tugu Pahlawan, Gunung Bromo, karapan sapi dan Tugu Suroboyo.

Pameran UMKM sendiri dilaksanakan mulai 14 September hingga 12 Oktober 2019. Adanya Pameran UMKM ini memberikan kesempatan kepada Mitra Binaan untuk mengenalkan dan memasarkan hasil produksinya di Stasiun Surabaya Gubeng. Adapun UMKM binaan PT KAI Daop 8 yang ikut gelaran tersebut adalah:
1. Nini Collection, pengrajin border, payung lukis dan dompet lukis;
2. Juli Gunar Collection, pengrajin produksi aksesoris;
3. Rhizoma, produsen jamu, berbagai macam kripik dan sambal;
4. Bon Ball, pengrajin lampu kartun karakter;
5. Cita Rasa Alami, produsen kerupuk puli, brownies kering dan eggroll.

‚ÄúDengan dipromosikannya produk-produk dari UMKM Mitra Binaan KAI di stasiun, diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk serta perekonomian para mitra binaan KAI,” Manajer Humas Daop 8 Surabaya Suprapto.

Suprapto menambahkan KAI sebagai salah satu BUMN memang sudah tugasnya untuk mengembangkan perekonomian masyarakat. Selain mencari keuntungan, BUMN juga harus mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di wilayah operasinya.

“Saya ucapkan terima kasih atas kado dari Vincent dengan pameran lukisan yang bertemakan kereta api. Semoga dengan coretan lukisan ini dapat mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih mencintai dan menggunakan transportasi massal khususnya kereta api. Sehingga mobilitas masyarakat semakin lancar dan angka kemacetan menjadi turun,” Harap Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya disela-sela kegiatan pameran. [man/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar