Iklan Banner Sukun
Ekbis

Tuntaskan Pemberian THR Sebelum H-14, Pelindo Terminal Petikemas Dapat Penghargaan

Surabaya (beritajatim.com) – Perusahaan operator terminal PT Pelindo Terminal Petikemas atau SPTP mendapat penghargaan Gubernur Jawa Timur atas kepatuhan dalam pelaksanaan pembayaran tunjangan hari raya (THR) bagi pekerja perusahaan.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak kepada Direktur Utama SPTP M. Adji, Kamis (28/4/2022). SPTP menjadi salah satu perusahaan di wilayah Provinsi Jawa Timur yang melakukan pembayaran THR kepada pekerja 14 hari sebelum hari raya.

Corporate Secretary PT Pelindo Terminal Petikemas, Widyaswendra mengatakan pihaknya telah melakukan pembayaran THR secara serentak kepada seluruh pekerja perseroan pada tanggal 18 April 2022. Tak kurang dari 1.077 orang menjadi pekerja perseroan yang tersebar di berbagai wilayah kerja. Khusus di wilayah Jawa Timur yang menjadi pusat dari perusahaan, jumlah pekerja sebanyak 270 orang.

“Secara aturan pembayaran THR paling lambat adalah 7 hari sebelum hari raya, kami membayarkan lebih awal yakni 14 hari sebelumnya, hal ini kami lakukan sebagai bentuk kepedulian perusahaan kepada para pekerja,” katanya.

Selain SPTP, terdapat 12 perusahaan lainnya yang memperoleh penghargaan serupa mewakili berbagai sektor industri yang ada di Jawa Timur. Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan penyerahan manfaat BP Jamsostek kepada ahli waris pekerja Pelindo Group dari PT Terminal Petikemas Surabaya dan PT Pelindo Daya Sejahtera.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengatakan bahwa pemberian THR yang dilakukan oleh pengusaha bukan hanya dalam rangka memenuhi kewajiban semata. Namun justru sebagai bentuk hubungan yang harmonis antara pengusaha dengan para pekerja. Dengan hubungan yang harmonis diharapkan dapat memunculkan rasa memiliki dalam diri pekerja terhadap perusahaan di dalam mana mereka bekerja.

“Termasuk juga hubungan dengan serikat pekerja, kita harapkan dapat memecahkan setiap masalah dengan cara duduk bersama,” lanjutnya.

Emil juga menekankan kepatuhan dalam pemenuhan kepesertaan pekerja dalam BP Jamsostek. Pihaknya akan terus mendorong para pengusaha untuk mendaftarkan para pekerja dalam program nasional pemerintah tersebut.[rea]


Apa Reaksi Anda?

Komentar