Iklan Banner Sukun
Ekbis

TPID Kota Kediri Sediakan Sembako Murah Berkualitas dalam Operasi Pasar

Kediri (beritajatim.com) – Tingginya permintaan konsumen terhadap bahan-bahan kebutuhan pokok di bulan Ramadhan tak pelak berimbas pada meningkatnya harga komoditas pangan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Pemerintah Kota Kediri bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) menggelar Operasi Pasar Murni (OPM) secara masif yang bertempat di 18 titik kelurahan secara bergilir.

Diawali pada Senin (11/4/2022), OPM Ramadan 1443 H. terlaksana di tiga kelurahan, yaitu Ngampel, Ketami dan Rejomulyo. Kepala Dinas Perdangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri Tanto Wijohari mengatakan, dalam OPM kali ini disediakan empat jenis bahan pangan berkualitas dengan harga yang terjangkau.

“Masing-masing kelurahan tersebut kami alokasikan 150 pack (@5kg) beras premium dengan harga Rp 46.000/pack, 400 kg gula pasir dengan harga Rp 11.500, minyak goreng sebanyak 300 liter, dan 150 kg telur ayam. Untuk minyak goreng dan telor ayam, harganya mengikuti fluktuasi harga pasar,” jelas Tanto, Senin (11/4/2022).

Setelah Kelurahan Ngampel, Rejomulyo dan Ketami, OPM Ramadhan 1443 H. akan mengambil tempat di Kelurahan Banjarmlati, Dandangan dan Banaran, Selasa (12/4/2022); Kelurahan Lirboyo, Manisrenggo dan Ngletih.

Hari Rabu (13/4/2022), dilanjutkan Kelurahan Tamanan, Semampir dan Tinalan, Senin, (18/4/2022); Kelurahan Mrican, Singonegaran, Setonogedong, Pakelan, Selasa, (19/4/2022) dan berakhir di Kelurahan Bandar Kidul, Pakunden, Jagalan dan Kemasan, Rabu, (20/4/2022).

Lebih lanjut, Tanto mengatakan bahwa OPM kali ini menggunakan sistem kupon guna mengantisipasi membludaknya warga. Dua hari sebelum pelaksanaan OPM, petugas Disperdagin mendistribusikan kupon di setiap kelurahan. Selanjutnya, Kelurahan yang akan membagikan kepada warga yang berminat membeli komoditas pangan yang disediakan.

“Momentum pelaksanaan OPM di bulan puasa ini sangat tepat. Karena bersamaan dengan kenaikan sejumlah bahan pokok seperti minyak goreng, telur dan gula pasir,” imbuh Tanto.

Sesuai rencana, OPM Ramadan 1443 H. akan diselenggarakan hingga tanggal 20 April 2022 mendatang. “Kami harap langkah ini mampu mengatasi fluktuasi harga bahan pangan di pasaran terutama saat Ramadan ini,” tutup Tanto.

Sebagai informasi, selain OPM yang diadakan di Kelurahan, Disperdagin juga membuka Bazar Sembako Murah dalam rangkaian Safari Ramadan setiap hari Kamis sore dengan komoditas serupa. [nm/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar