Ekbis

TPID Kota Kediri Gelar Pasar Murah Harga Bawang Merah dan Putih

Kediri (beritajatim.com) – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri mengadakan pasar murah khusus komoditas bawang putih dan bawang merah.

Lokasi pasar murah ada di bundaran Taman Sekartaji, Kota Kediri, Kamis (25/4/2019).

Nasrullah, Kepala Tim Advisory Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kediri mengatakan, pasar murah dilakukan untuk menstabilkan harga dua komoditas sayuran tersebut. Sebab, belakangan harganya mengalami kenaikan signifikan. Seperti yang diketahui untuk harga jual bawang merah di pasar tradisional saat ini mencapai Rp 37 ribu – Rp 40 ribu per kilogram (kg) dan bawang putih Rp 40 ribu – Rp 50 ribu/kg.

“Hari ini kami menyediakan setidaknya 1 ton lebih bawang merah dan bawang putih. Kami menjualnya seharga Rp 24 ribu per/kg untuk bawang putih, sedangkan bawang merah kita hargai per/kgnya seharga Rp 27 ribu,” kata Nasrullah.

Pasar murah ini digelar di tiga tempat secara bersamaan yakni di Bundaran Sekartaji, Lapangan Gajah Mada Pesantren dan di depan Taman Makam Pahlawan tepatnya di Jalan PK Bangsa. Harapannya, dengan adanya pasar murah ini dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan memasaknya khususnya di dua komoditas ini.

Nasrullah menambahkan, pasar murah akan digelar hingga harga komoditas bawang merah dan bawang putih stabil ditingkat bawah.

“Kita coba gelar pasar murah ini dua hari dulu yaitu hari ini (Kamis) dan juga Jum’at besok. Sedangkan untuk lokasinya sama di tiga tempat dengan dibuka pukul 08.00 Wib hingga selesai,” tutupnya. [nng/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar