Ekbis

Toyota Diklaim Jadi Mobil Terlaris di Dunia Tahun 2020

Jakarta (beritajatim.com) – Toyota Motor Corp menduduki peringkat teratas untuk penjualan mobil global pada tahun 2020. Pabrikan asal Jepang ini menyalip merek Jerman, Volkwagen AG untuk pertama kalinya dalam lima tahun terakhir.

Dikutip Japan Times, Senin (1/1/2021) torehan tersebut berkat penjualan merek Toyota yang kuat di China dan Amerika Serikat.

Toyota telah menjual 9,53 juta unit secara global tahun lalu, termasuk yang dijual oleh pembuat kendaraan mini grupnya Daihatsu Motor Co dan produsen truk Hino Motors Ltd., dengan angka keseluruhan turun 11,3% dari tahun sebelumnya. Angkanya lebih tinggi bila dibandingkan penjualan VW yang mampu membukukan 9,31 juta, meski turun 15,2% dari tahun sebelumnya.

Raksasa otomotif Jepang itu menderita lebih sedikit dampak dari pandemi virus korona dibandingkan pembuat mobil lainnya.

Penjualan tahunan global Toyota telah mencatat penurunan pertama mereka dalam lima tahun, setelah turun tajam pada kuartal April hingga Juni karena dampak pandemi terhadap ekonomi di seluruh dunia. “Namun, penjualan Toyota pulih di pasar utamanya seperti China dan Amerika Serikat dari penurunan, membukukan kenaikan selama tiga bulan berturut-turut sejak Oktober,” kata Toyota.

Seorang pejabat Toyota mengatakan strategi penjualan agresif perusahaan, yang membuatnya meluncurkan serangkaian model baru, berkontribusi pada penjualan yang relatif solid pada tahun 2020 dibandingkan dengan produsen mobil lain. “Penjualan kami turun dari tahun sebelumnya di tengah pandemi, tetapi penurunan itu terbatas pada sekitar level 10%,” kata pejabat itu.

VW memiliki jejak yang kuat di Uni Eropa, di mana penjualan mobil penumpang turun 24% “belum pernah terjadi sebelumnya” menjadi kurang dari 10 juta unit pada tahun 2020, menurut Asosiasi Produsen Mobil Eropa.

Toyota, di sisi lain, memiliki kehadiran yang lebih besar di AS, di mana total penjualan mobil turun hanya 15% pada tahun 2020.

Sebelum tahun 2020, penjualan VW telah melebihi penjualan Toyota setiap tahun sejak 2015. Tetapi hasil kedua perusahaan tahun lalu mungkin menunjukkan tren jangka panjang, menurut analis.

Sementara VW diperkirakan akan mengungguli Toyota lagi untuk sementara pada 2021. “Dorongan VW untuk memproduksi lebih banyak kendaraan berlistrik akan menyebabkan lonjakan penjualan tahun ini, tetapi penguncian yang berkepanjangan dan penutupan toko di pasar domestiknya akan terus berdampak buruk,” kata analis Yoshiaki Kawano.

Kawano mengatakan Toyota akan terus menikmati penjualan yang kuat di pasar intinya di Jepang dan AS. “Di China, pasar mobil terbesar di dunia, Toyota harus “berjuang keras” dengan mendorong lebih banyak mobil listrik dan SUV sesuai dengan permintaan lokal,” kata dia.

Setali tiga uang,Toyota masih menguasai pasar otomotif Indonesia. Pabrikan mobil asal Jepang itu menguasai pangsa pasar lebih dari 30% pada 2020.

Secara wholesales, Toyota menjual mobil sebanyak 161.256 unit sepanjang 2020. Mobil Toyota yang dikirim ke konsumen (retail sales) lebih banyak lagi, mencapai 182.665 unit.

Di posisi kedua diisi oleh Daihatsu. Daihatsu mendistribusikan 90.724 unit mobil baru ke dealer-dealer. Dan mobil Daihatsu yang dikirim ke konsumen sebanyak 100.026 unit. Dan di posisi ketiga ada Honda dengan wholesales sebanyak 73.315 unit. Sementara retail sales Honda tercatat sebanyak 79.451 unit. [kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar