Ekbis

Tinjau Lokasi Proyek Kilang Tuban, Menhub Ijinkan Pertamina Lakukan Reklamasi

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi didampingi Dirut Pertamina saat meninjau lokasi proyek Kilang Tuban di Kecamatan Jenu, Tuban.

Tuban (beritajatim.com) – Guna melihat kesiapan dalam progres pembangunan Kilang Pertamina GRR Tuban, Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi melakukan tinjauan ke lokasi proyek persiapan kilang di Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Sabtu (30/11/2019).

Pembangunan Kilang Tuban itu sendiri saat ini telah memasuki tahap early work yaitu pembersihan lahan sekitar 328 hektar serta pemulihan lahan abrasi atau Restorasi seluas 20 hektar. Dalam kesempatan itu, Menteri Perhubungan langsung memberikan ijin untuk proses reklamasi laut utara Tuban untuk kebutuhan pelabuhan kilang dan kebutuhan lainnya.

Pantauan beritajatim.com di lapangan, dalam kunjungan di lokasi proyek kilang Tuban Menteri Perhubungan langsung didampingi oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati serta diikuti oleh Wakil Bupati Tuban. Menteri Perhubungan mengaku senang saat meninjau lokasi proyek pembangunan kilang Tuban tersebut.

“Saya luar biasa senang di sini, progres mega projek yang akan dibangun pertamina. Saya diperintahkan Presiden mengawal proyek-proyek yang menjadi inisiatif pemerintah. Apalagi ini yang berkaitan dengan pembangunan kilang minyak, dan kita tahu kita membutuhkan kilang-kilang. Bayangkan ada 260 juta penduduk Indonesia membutuhkan BBM,” ungkap Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan saat di lokasi.

Budi menambahkan, saat ini Pertamina membutuhkan lahan untuk membangun kilang tersebut. Dan Budi langsung menegaskan memberi izin untuk penggunaan lahan di wilayah pesisir tersebut untuk nantinya dilakukan restorasi lahan bahkan reklamasi.

“Ini kan butuh tanah, jadi saya hari ini memberikan izin pada Pertamina untuk melakukan restorasi. Tapi nanti dimungkinakan dilakukan reklamasi 200 hektar. Sehingga dengan tanah itu cukup digunakan untuk keperluan,” tambahnya.

Adapun untuk reklamasi seluas 200 hektar itu, dikatakan oleh Budi nantinya juga sebagian adalah untuk kebutuhan pembangunan keberadaan pelabuhan khusus Kilang GRR Tuban itu. Yang mana proses reklamasi laut tersebut dibutuhkan waktu sekitar 1,5 tahun dan akan dikerjakan setelah proses restorasi lahan itu selesai. “Bu Nicke silakan lakukan reklamasi. Kerja Pertamina luar biasa, semoga ini berhasil,” pungkas Menteri Perhubungan saat berkunjung di proyek tersebut.[mut/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar