Ekbis

Tiga KA Berhenti Beroperasi di Jember Pekan Ini

ilustrasi

Jember (beritajatim.com) – Tiga kereta api di wilayah PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 9 Kabupaten Jember, Jawa Timur, berhenti beroperasi sementara mulai Sabtu (25/4/2020). Dengan demikian 12 perjalanan kereta api telah dihentikan sementara untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19.

Tiga KA yang berhenti beroperasi mulai Sabtu adalah KA Ranggajati relasi Jember-Cirebon (pulang-pergi), KA Wijayakusuma relasi Ketapang-Cilacap (pulang-pergi), dan KA Probowangi relasi Ketapang-Surabaya Gubeng (pulang pergi). Seluruh perjalanan KA penumpang dari dan menuju wilayah Daop 9 Jember, mulai 25 April – 31 Mei dihentikan sementara.

“Sebelumnya pada 1 April, PT KAI Daop 9 Jember telah membatalkan 4 perjalanan KA, dan pada 15 April telah dibatalkan 5 perjalanan KA,” kata Vice President PT KAI Daop 9 Jember, Agus Barkah. Pembatalan perjalanan ini tindaklanjut dari Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

PT KAI Daop 9 akan mengembalikan biaya tiket 100 persen. “Penumpang akan dihubungi melalui Contact Center 121 dan dipersilakan untuk mengikuti petunjuk selanjutnya. Jika belum dihubungi, penumpang juga bisa membatalkan tiketnya sendiri melalui aplikasi KAI Access dan loket stasiun,” kata Agus.

Pembatalan melalui aplikasi dapat dilakukan hingga maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan dan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian. Pembatalan di loket stasiun dapat dilakukan di semua stasiun keberangkatan KA jarak jauh dan lokal hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan. Caranya dengan menunjukkan kode booking, dan uang akan langsung diganti secara tunai. [wir/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar