Ekbis

Terimbas Corona, Remiten di Ponorogo Turun

Kepala Kantor Pos Ponorogo Hadi Ernowo(foto/dok.beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap reminten di Ponorogo. Saat bulan Ramadan kali ini, pengiriman uang dari luar negeri menurun tajam. Jika pada bulan Ramadan sebelum-sebelumnya bisa mencapai miliaran rupiah, kini hingga minggu lalu, baru menyentuh angka ratusan juta saja.

“Awal Ramadan ini transaksinya turun 40 persen dibanding bulan suci sebelum-sebelumnya,” kata Kepala Kantor Pos Ponorogo Hadi Ernowo, Senin (11/5/2020).

Pengiriman uang dari luar negeri itu, biasanya dilakukan oleh Pekerja Migran Indonesia (PMI), kebanyakan bekerja di negara Malaysia, Taiwan, Hongkong, Korea Selatan, Jepang dan negara Timur Tengah. Jika awal Ramadan bisa mencapai Rp 500 juta, kini baru ada sekitar 300 transaksi dengan nomonal sekitar Rp. 200-300 juta.

“Lesunya transaksi ini dimungkinkan karena imbas virus corona itu, sebab negara yang dihuni PMI itu juga mengalami pandemi, jadi ekonominya juga lesu,” katanya.

Penurunan remiten di kantor Pos, kata Hadi dimungkinkan juga ada faktor lain. Salah satunya banyaknya usaha jasa yang serupa. Sehingga masih banyak pilihan untuk pengiriman uang. “Jadi bukan hanya kantor pos saja yang melakukan pelayanan remiten, ada jasa-jasa. Tetapi melihat data saat lebaran tahun lalu, potensi remiten naik masih terbuka, ” katanya. (end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar