Ekbis

Terapkan SNI dan IFA, PG Diapresiasi BPKN

Gresik (beritajatim.com) – Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) mengapresiasi PT Petrokimia Gresik (PG) yang telah menerapkan kualitas produknya sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI), dan International Fertilizer Association (IFA) Protect & Sustain Product Stewardship.

Kepala BPKN Ardiansyah Parman menuturkan, apresiasi ini merupakan salah satu bagian dari upaya BPKN dalam membangun kepercayaan konsumen dalam bertransaksi barang maupun jasa.

“Di negara maju seperti Amerika Serikat dan China serta di sejumlah negara Eropa telah menggunakan isu melindungi konsumen dan perdagangan untuk menjaga ekonomi. Karena itu, perlindungan konsumen dapat menjadi arus utama langkah pembangunan di sektor dan wilayah dimana membangun percaya pasar dalam bertransaksi menjadi tujuan bersama seluruh stakeholders pembangunan,” tuturnya, Minggu (20/10/2019).

Sementara itu, Direktur Pemasaran PT Petrokimia Gresik (PG) Meinu Sadariyo mengatakan, ini merupakan pengakuan pihak luar atas komitmen Petrokimia Gresik dalam memberikan perlindungan kepada konsumen melalui produk dan pelayanan berkualitas.

Perlindungan konsumen berikutnya lanjut Meinu, adalah jaminan distribusi. Pasalnya, PG memiliki jaringan gudang, distributor, kios, serta petugas lapangan yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan jaringan tersebut, PG menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi sesuai alokasi, serta ketersediaan pupuk non-subsidi dan produk lainnya sesuai kebutuhan petani maupun pelaku agroindustri.

“Kami juga memiliki program edukasi petani sebagai bentuk komitmen perlindungan konsumen. Program ini terdiri dari demonstration plot (demplot) yang membuktikan langsung manfaat produk di lahan-lahan pertanian, sosialisasi dan cara aplikasi produk, fasilitas mobil uji tanah yang dapat menginformasikan kondisi tanah beserta rekomendasi pemupukannya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, PG tidak sekedar memproduksi dan mendistribusikan produk saja, melainkan memberikan pelayanan dan solusi bagi petani dan pelaku agroindustri yang menggunakan produknya. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar