Ekbis

Teknisi AC Sekarang Juga Disertifikasi

Surabaya (beritajatim.com) – Sabtu (19/10/2019), Ikatan Engineers Indonesia (IKEI) BPD Jawa Timur menggelar sertifikasi untuk teknisi AC di Surabaya. Gelaran ini dilakukan hasil kerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Pada kesempatan ini, Ketua BPD IKEI Jatim Jefrizal menegaskan pentingnya sertifikasi profesi. “Seperti misalnya untuk sektor AC yang kita gelar hari ini, pentingnya sertifikasi adalah untuk memastikan parameter kinerja mereka,” ujarnya.

“Kinerja yang bagaimana, misal soal K3nya lalu kerapian kerja dan SOPnya. Karena perkara AC ini nampak remeh namun jika digarap teledor bisa membahayakan nyawa. Freon itu jika terhirup bisa membuat meninggal,” tambah Jefri, sapaan akrabnya.

Peserta dari sertifikasi yang dilakukan kali ini berasal dari berbagai sektor. “Ada dari perhotelan, perkapalan, dan juga industri. Memang dari lintas sektor,” ujar Jefri.

“Seharusnya, idealnya, tukang AC rumahan pun harusnya juga disertifikasi. Tentunya sertifikasi ini membantu pula untuk legitimasi keahlian dari para teknisi. Dengan adanya sertifikasi, kan mereka jadi bisa bersaing juga dengan tenaga kerja asing. Kompetensi jelas. Pendapatan mereka pun bisa terdongkrak,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Dedy Mahendra selaku Wakil Ketua Komunitas Millenials Peduli Indonesia (KOMPI) Surabaya turut mengapresiasi langkah IKEI bersama BNSP. “Ini sesuai dengan spirit kami di sektor edukasi,” ujarnya.

“KOMPI pun siap bersinergi dengan berbagai pihak termasuk seperti IKEI ini untuk memberikan edukasi demi millenials yang lebih hebat dan berkualitas,” pungkasnya. [ifw/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar