Iklan Banner Sukun
Ekbis

Target Produk Go Internasional, Ini Program Kerja Kadin Ponorogo

Ketua Kadin Ponorogo Amri Aulia Rochman(foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Bersinergi dengan pemerintah daerah untuk memajukan masyarakat Ponorogo, terutama dalam hal perekonomian. Ya, itulah program salah satu kerja dari ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Ponorogo yang baru, Amri Aulia Rochman. Salah satu pengusaha roti di Ponorogo, meneruskan tongkat estafet ketua Kadin Ponorogo sebelumnya, Gendut Krisdianto. Bertempat di Pendopo Pemkab Ponorogo, Amri Aulia Rochman baru saja dilantik sebagai ketua Kadin Ponorogo sampai tahun 2024 oleh ketua Kadin Jatim Adik Dwi Putranto.

Amri panggilan Amri Aulia Rochman menjelaskan program jangka pendek dalam kepengurusannya ini, pihaknya akan melakukan penjaringan masyarakat pengusaha di bumi reyog. Hal itu dilakukan supaya kualitas hasil usaha bisa lebih meningkat. Apalagi nantinya bisa goal, yakni go internasional.

“Kita ingin produk dari pengusaha di Ponorogo bisa go internasional,” kata Amri usai pelantikan, Selasa (14/9/2021).

Ketua Kadin Ponorogo Amri Aulia Rochman(foto/Endra Dwiono)

Untuk merealisasikan program tersebut, Amri akan melakukan pendataan usaha mikro kecil menengah (UMKM). UMKM ini nantinya akan diklasifikasikan, bisa golongan atau kelompoknya. Misalnya dalam kegiatan kurasi, dipilah mana yang kelompok kecil, kelompok menengah dan kelompok besar. Dengan begitu, bisa diketahui produk yang bisa berpotensi untuk bisa dipasarkan di luar negeri.

“Usaha dengan kelompok besar akan didorong untuk mengekspor produknya, kelompok menengah ke nasional dan kelompok kecil didorong ke lokal atau wilayah Jatim,” katanya.

Sementara itu Ketua Kadin Jatim Adik Dwi Putranto, menekankan untuk Kadin Ponorogo berfokus pada bidang Sumber Daya Manusia (SDM). Sebab, di Ponorogo mempunyai berbagai potensi wisata seperti Telaga Ngebel dan Bendungan Bendo. Selain itu juga berpotensi di sektor industri. Dengan begitu dibutuhkan kualitas SDM sesuai dengan kompetensi masing-masing.

“Jangan sampai nanti yang bekerja malah dari luar Ponorogo. Ini juga tugas dari Kadin Ponorogo. Mempersiapkan SDM yang dibutuhkan pasar,” pungkasnya. [end/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar