Ekbis

Tanam Sayuran di Pekarangan, PKK Ponorogo Perkuat Ketahanan Dapur

Ketua Tim Penggerak PKK Ponorogo Sri Wahyuni didampingi Bupati Ipong Muchlissoni memberikan tanaman sawi kepada anggota PKK Kecamatan Ngrayun. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, masyarakat harus pintar-pintar dalam mengatur kebutuhan rumah tangganya. Untuk itu, Tim Penggerak Kesejahteraan Keluarga (PKK) Ponorogo mendorong ibu-ibu untuk memanfaatkan pekarangan rumahnya. Dengan menanami pekarangan tersebut dengan aneka sayur-sayuran. Atau budi daya ikan lelelele maupun nila.

“Saat pandemi ini, kami mencanangkan gerakan ketahanan dapur,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Ponorogo Sri Wahyuni, Kamis (9/7/2020).

Dengan gerakan ketahanan dapur, masyarakat bisa mendapatkan sayur maupun lauk pauknya dari kebunnya sendiri. Sehingga ditengah – tengah pandemi ini, bisa lebih berhemat, tidak mengeluarkan uang untuk kebutuhan lauknya. Selain itu, bercocok tanam di pekarangan sendiri pun menjadi kesibukan di rumah saat melakukan work from home (WFH).

“Kita juga bisa mengedukasi anak-anak dengan melibatkan langsung dalam menanam sayur ataupun budidaya ikan leke,” katanya.

Yuni mengungkapkan media tanamnya pun bisa beragam. Bisa langsung di tanah atau yang lebih praktis di dalam plastik polibag. Kelebihan mememakai polibag ini, tanamannya bisa dipindah-pindah. Yang bisa ditanam dalam polibag ini meliputi tomat, cabai, sawi, terong. Sedangkan yang di tanah, biasanya tanaman tahunan seperti buah mangga, sawo dan belimbing.

“Tanaman itu biasanya bisa dipanen sekitar 2-3 bulan,” katanya.

Jika mulai saat ini, semua rumah tangga di pekarangan rumahnya ada kebun sayuran, Yuni optimis dalam tiga bukan ke depan kebutuhan sayur di rumah tangga di bumi reyog bisa tercukupi. Kalau pun untuk kebutuhan keluarga sudah melimpah, bisa dibagikan ke tetangga.

“Jadi hasil sayur yang berlebih bisa diberikan ke tetangga. Sebagai bentuk kegotong-royongan di tengah pandemi,” pungkasnya. [end/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar