Ekbis

Tak Perlu Datang ke Pasar, Disperindag Sumenep Luncurkan ‘Belanja Kring’

Sumenep (beritajatim.com) – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sumenep meluncurkan program belanja on line di Pasar Anom Sumenep.

Kepala Disperindag Sumenep, Agus Dwi Syahputra menjelaskan, ‘Belanja Kring’ tersebut diluncurkan untuk meminimalisir jumlah orang-orang yang datang langsung ke Pasar Anom Sumenep untuk berbelanja.

“Dengan belanja on line atau belanja kring ini, physical distancing dapat dilakukan, karena masyarakat cukup menunggu di rumah. Ini merupakan upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19,” katanya, Selasa (15/04/2020).

Ia menjelaskan, dengan program ‘Belanja Kring’ di Pasar Anom itu, para pembeli cukup menghubungi pedagang yang nomor hp nya telah terdata. Mulai pedagang beras, sayur, daging ayam, daging sapi, sembako, semua bisa dipesan melalui telepon.

“Kami sudah koordinasikan dengan pedagangnya. Mereka bersedia melayani pembelian lewat telepon. Untuk pengiriman pesanan bisa dilakukan menggunakan ojek on line atau abang becak,” paparnya.

Sedangkan untuk kualitas barang yang dipesan, lanjut Agus, sepenuhnya menjadi tanggung jawab para pedagang. Namun apabila terjadi kerusakan setelah tiba di tangan pembeli, maka bukan lagi tanggung jawab pedagang.

“Dengan program belanja on line ini otomatis akan memberdayakan ojek on line dan abang becak di Sumenep. Untuk tarif atau ongkos kirim, disesuaikan dengan standar yang berlaku,” ucapnya. [tem/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar