Ekbis

Tahun 2020, Tembakau Petani Sampang Melimpah

Sampang (beritajatim.com) – Lahan seluas 330 hektar milik petani di Kabupaten Sampang, Madura di  tahun 2020 ini, serentak ditanami tembakau.

Kasi Budidaya Tanaman Perkebunan, Dinas Pertanian (Dispertan) setempat, Sri Warsono menjelaskan, ratusan luas lahan pertanian tersebut berada di 11 Kecamatan,  kecuali di daerah Sreseh, Tambelangan dan Banyuates.

Sedangkan luas yang paling banyak menanam tembakau yaitu di Kecamatan Sampang mencapai 45 hektar kemudian di Kecamatan Omben  mencapai 40 hektar, dan lainnya kisaran 25-30 hektar.

Proses pengeringan tembakau sebelum dipasarkan

“Antusias pertani untuk menanam tembakau kali ini cukup tinggi,” terangnya, Rabu (15/7/2020).

Luasan area penanaman tembakau, lanjut Warsono meyakini akan terus bertambah hingga musim tanam tembakau selesai pada Agustus 2020 mendatang. Selain itu pula, petani belum melakukan penanaman tembakau dikarenakan sebagian petani masih menunggu musim panen padi tuntas.

“Kalau dilihat dari pembibitan di lapangan, penanaman tembakau masih terus berlangsung,” imbuhnya.

Disinggung tiga Kecamatan yang saat ini tidak melakukan penanaman tembakau, Warsono menyatakan ada beberapa diantaranya karena faktor kondisi tanah tidak cocok untuk tanaman tembakau.

“Untuk wilayah Kecamatan Sreseh dan Tambelangan, potensi tanaman yaitu Wijen. Sedangkan di wilayah Kecamatan Banyuates yaitu lebih mengarah pada pertanian bawang dan melon,” tandasnya.[sar/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar