Ekbis

Sttsss….Mau Punya Usaha Tak Harus Pakai Modal

Surabaya (beritajatim.com) – Tahukah Anda ternyata menjadi pengusaha kecil di era teknologi 4.0 ini tidak butuh modal?. Iya benar, saat ini menjadi dropship atau membuka jasa titip (jastip) barang yang dijual di online atau pun offline saja mampu menghasilkan uang untuk anda.

Hal ini juga yang ingin ditularkan oleh Bloggercrony Community (BCC) Surabaya melalui program Sisternet PT XL Axiata Tbk (XL Axiata). Dengan tema “Sister UKM Go Online”, pelatihan ini mengajarkan kaum perempuan bagaimana melakukan pemasaran digital dengan memanfaatkan secara maksimal teknologi dan sarana digital untuk memacu produktifitas usaha kecil menengah. Pelatihan diselenggarakan di Hotel Batiqa Darmo Surabaya, Sabtu (12/10/2019).

Riski Hapsari, owner bros Koleksikikie mengaku tak perlu modal untuk jadi pengusaha di dunia serba 4.0 ini. Semuanya bisa dilakukan melalui online. Seperti jastip beli di shopee yang nantinya akan mendapatkan potongan harga dan promo lainnya.

“Dan bagi yang punya usaha maka upayakan melakukan branding atau pencitraan produk yang menunjukkan jika produk kita itu aman dan nyaman untuk digunakan,” jelas Riski yang akrab dipanggil Kikie itu.

Sementara Group Head XL Axiata East Region, Bambang Parikesit mengatakan, saat ini banyak UKM yang dimotori oleh kaum perempuan. Namun, banyak di antara mereka ‘gaptek’ atau tidak paham bagaimana memanfaatkan sarana digital yang ada untuk meningkatkan produtivitasnya.

“Karena itu, sesuai dengan bidang yang kami kuasai, Sisternet dan BCC Surabaya ingin sekali membantu teman-teman perempuan pemilik bisnis kecil menengah dengan mengajari mereka menggunakan berbagai sarana digital,” akunya.

Berdasarkan data terbaru yang dirilis oleh APJII pada 2018 memperlihatkan bahwa tingkat penetrasi pengguna Internet di Indonesia mengalami peningkatan mencapai 171,17 juta jiwa atau 64,8% dari total populasi dan diperkirakan masih terjadi peningkatan yang signifikan pada tahun selanjutnya melihat massifnya pertumbuhan teknologi saat ini. Penetrasi internet di kawasan urban dan rural pun terus mengalami pertumbuhan yang relatif seimbang. Sementara itu, masih dari data yang sama menunjukkan bahwa penetrasi internet di kalangan Ibu Rumah Tangga (IRT) di Indonesia baru mencapai 48,2%. Kondisi ini menjadi tantangan bagi XL Axiata untuk terus menghadirkan solusi kepada seluruh perempuan khususnya Ibu di Indonesia agar mampu adaptif dalam mengaplikasikan perkembangan teknologi digital saat ini ke dalam kehidupan sehari-hari.[rea]





Apa Reaksi Anda?

Komentar