Ekbis

Stok Melimpah, Harga Sembako di Pasar Tanjung Anyar Mojokerto Stabil

Mojokerto (beritajatim.com) – Dua minggu jelang Hari Raya Idul Fitri, harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Tanjung Anyar Kota Mojokerto stabil. Ini diketahui saat Walikota Mojokerto berserta forpominda melakukan inspeksi mendadak (sidak).

Sidak dilakukan di pasar terbesar di Kota Mojokerto dengan memantau baik harga maupun kondisi bahan pokok yang dijual para pedagang. Seperti daging, ikan segar dan beras. Bahkan petugas melakukan tes terhadap ikan segar yang dijual pedagang.

Usai sidak, Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari mengatakan, jika stok pangan di Kota Mojokerto tersedia dan harga stabil. “Awal ramadan seperti bawang merah, bawang putih, cabai naik tapi sekarang turun,” ungkapnya, Rabu (22/5/2019).

Artinya, lanjut Ning Ita (sapaan akrab, red) kebutuhan jelang lebaran di Kota Mojokerto aman. Sementara beras justru stok melimpah dan harga stabil dan diprediksi mendekati lebaran harga semakin turun. Untuk harga daging tetap, tidak ada kenaikan.

“Hasil sidak tidak ada temuan, kita tadi juga melakukan sampling terkait bahan laut. Ikan yang berpotensi ada bahan pengawet, hasil tes aman dan bebas dari bahan berbahaya. Disperindag juga sudah menyiapkan OP di beberapa titik sejak awal ramadan,” katanya.

Ning Ita menambahkan, Operasi Pasar (OP) sudah ada di beberapa titik di Kota Mojokerto. OP disiapkan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) sejak awal ramadan sudah megantisipasi lonjakan harga saat ramadan.

Sementara itu, salah satu pedagang beras, Imron mengatakan, jika harga beras tidak ada kenaikan dan stok melimpah. “Mendekati lebaran justru sedikit permintaan karena kebutuhan sudah dibeli sebelumnya. Baik untuk zakat atau untuk sehari-hari,” jelasnya.

Harga beras di Pasar Tanjung Anyar untuk jenis IR 64 Rp8,5 ribu per kilogram, bramu Rp12 ribu per kilogram, beras ketan Rp12 ribu per kilogram dan jagung Rp6 ribu per kilogram. [tin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar