Ekbis

Stok Ikan Tuna di Cold Storage Malang Nihil

Malang (beritajatim.com) – Dampak perubahan iklim dan cuaca tak menentu beberapa waktu terakhir membuat stok ikan tuna di Cold Storage, milik Pemerintah Kabupaten Malang, mulai menipis.

Tempat pendingin ikan tuna yang ada di Desa Tawangrejeni, Kecamatan Turen itu, mulai kekurangan ikan tuna. Padahal selama ini tuna menjadi primadona bagi nelayan di Kabupaten Malang.

Para nelayan tidak bisa mendapatkan tangkapan yang maksimal lantaran cuaca sejauh ini belum stabil beberapa waktu terakhir.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Endang Retnowati mengatakan, stok ikan tuna di cold storage Turen memang menipis, bahkan hampir kosong.

“Beberapa bulan belakangan ini baik dari perairan Selatan maupun Utara memang turun hasil tangkapannya, makanya cold storage kami juga kurang isinya,” kata mantan Atik sapaan akrabnya, Minggu (28/4/2019).

Terpisah, Kepala Gudang Cold Storage Turen, Mahmud Zaini menjelaskan, saat ini hanya ada ikan cakalang dan tongkol. Belakangan ini, stok tuna di cold storage Turen memang kosong.

“Kalau tuna sekarang sedang kosong, adanya cakalang dan tongkol,” ujar Mahmud.

Cold storage Turen saat ini memiliki kapasitas 100 ton. Dari total kapasitas tersebut, belakangan ini hanya digunakan untuk menampung 5 ton ikan. Ikan dari cold storage ini biasa dikirim ke daerah-daerah di Jawa Timur, salah satunya Surabaya. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar