Ekbis

Stok Bahan Pangan Banyuwangi Aman

Banyuwangi (beritajatim.com) –  Selama Ramadan hingga Idul Fitri mendatang, stok berbagai kebutuhan pokok di Banyuwangi dipastikan aman. Baik beras, daging maupun bahan pangan lainnya tercukupi.

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) mengecek langsung kondisi pasar di Banyuwangi. Kegitan dipimipin Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Bank Indonesia, dan Bulog.

Ipuk melakukan pengecekan bahan pokok di Pasar Rogojampi. Didampingi Kepala BI Perwakilan Jember, Hestu Wibowo, Ipuk lalu bertanya ke pedagang setempat. Mulai pedagang kelontong, penjual daging ayam, daging sapi, hingga telur.

“Harga relatif stabil. Bahkan cabai yang sebulan lalu menyentuh harga Rp 120 ribu kini turun di angka Rp 40 ribu. Bawang merah tadi pedagang menjual Rp 25 ribu, bawang putih Rp 22 ribu. Stok juga aman kata pedagang, tidak kesulitan cari barang,” kata Ipuk, Senin (19/4/2021).

Dalam tinjau stok bahan pokok tersebut, di pasaran diketahui harga jual ayam potong ras Rp 36 – 37 ribu per kilogram, ayam potong negeri Rp 85 ribu/kg, daging sapi Rp 120 ribu, dan telur Rp 24 ribu.

Selain itu, Ipuk juga meninjau gudang Bulog di Ketapang. Wakil Kepala Bulog Moehari mengatakan bahwa saat ini stok beras yang ada di Gudang Bulog sebanyak 20.300 ton beras. Ini bisa mencukupi stok hingga satu tahun ke depan.

“Stok kami juga akan bertambah, karena akan memasuki musim panen padi, yang diperkirakan akan ada serapan beras sebanyak 5.400 ton. Jadi, stok aman karena konsumsi warga Banyuwangi masih di bawahnya,” kata Moehari.

Dia juga menjelaskan Bulog juga sudah melakukan operasi pasar keliling wilayah Banyuwangi. “Memang tidak di banyak titik. Karena dalam pantauan kami, stok aman sehingga harga beras di Banyuwangi sendiri masih aman,” kata Moehari.

Sementara itu, Kepala BI Jember Hestu Wibowo menjelaskan bahwa pengecekan ketersediaan dan kesiapan beberapa komoditas bahan pokok ini bagian dari tugas TPID untuk menjaga inflasi di daerah.

“Dengan turun ke lapangan ini, kami memberi jaminan dan informasi pada masyarakat, bahwa persediaan bahan dan kebutuhan pokok di Banyuwangi sangat melimpah. Masyarakat tidak perlu khawatir,” ujarnya. [rin/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar