Ekbis

Stasiun KA Mojokerto Sediakan Layanan Pemeriksaan GeNose C19

Salah satu calon penumpang di Stasiun KA Mojokerto melakukan pemeriksaan GeNose C19.

Mojokerto (beritajatim.com) – Sejak, Selasa (30/3/2021) kemarin, Stasiun Kereta Api (KA) Mojokerto menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 kepada calon penumpang. Layanan pemeriksaan GeNose C19 disediakan lantaran menjadi salah satu syarat calon penumpang KA jarak jauh dan menengah.

Ini sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan (SE Kemenhub) Nomor 11 Tahun 2021, calon penumpang Kereta Api (KA) jarak jauh diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau tes cepat antigen (RT-PCR). Sampel sendiri diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum jam keberangkatan.

Kepala Stasiun KA Mojokerto, Agus Mulyono mengatakan, layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun KA Mojokerto sudah bisa dinikmati calon penumpang sejak, Selasa (30/3/2021) kemarin. “Iya, sejak Selasa kemarin di Stasiun KA Mojokerto ada pelayanan pemeriksaan GeNose C19 untuk calon penumpang,” ungkapnya, Kamis (1/4/2021).

Masih kata Agus, dua jam sebelum keberangkatan calon penumpang sudah bisa melakukan pemeriksaan GeNose C19 yang hasilnya langsung bisa diketahui. Calon penumpang yang akan melakukan perjalanan bisa mengikuti layanan pemeriksaan GeNose C19 dengan menunjukkan tiket. Petugas akan memberikan arahan tata cara layanan pemeriksaan GeNose C19.

“Tarifnya sebesar Rp30 ribu. Ada tata cara untuk mengambil sampel, petugas akan memberikan arahan dan hasilnya bisa ditunggu. Dibanding tes rapid antigen, pemeriksaan GeNose C19 lebih sensitif sehingga 30 menit sebelum melakukan pemeriksaan, calon penumpang dilarang makan dan minum. Namun untuk air putih, tidak apa-apa,” katanya.

Menurutnya, tingkat kepekaan pemeriksaan GeNose C19 terhadap bau sangat tinggi sehingga di layanan pemeriksaan GeNose C19 tidak disediakan hand sanitizer. Jika calon penumpang menggunakan hand sanitizer maka hasil yang keluar positif. Masa berlaku hasil pemeriksaan GeNose C19 untuk calon penumpang hanya satu kali perjalanan.

“Apabila ada calon penumpang yang hasil pemeriksaan GeNose C19 positif, bisa melakukan proses pembatalan perjalanan dan yang tiket dikembalikan utuh. Untuk layanan rapid tes antigen, di Stasiun KA Mojokerto masih ada. Calon penumpang bisa memilih salah satunya, namun tingkat kepekaan bau GeNose C19 cukup tinggi,” jelasnya.

Layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun KA Mojokerto dibuka mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB. Meski di Stasiun KA Mojokerto ada layanan pemeriksaan GeNose C19, namun rapid tes antigen dengan harga Rp105 ribu masih ada. [tin/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar