Iklan Banner Sukun
Ekbis

Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1.218

Stand Pameran Tim UMKM Mojo Paling Nyentrik di Festival The Scret Tea Flower Rosela

Kediri (beritajatim.com) – Rangkaian agenda peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1.218 masih berlanjut. Pada, Minggu, 27 Maret 2022 Dinas Pariwisata dan Dinas Kopusmik menyelenggarakan festival The Secret Of Tea Flower Rosela di halaman parkir Air Terjun Dholo di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo.

Ada 25 peserta yang mengikuti lomba meracik minuman berbahan rosela. Selain kegiatan tersebut, berjejer stand pameran produk unggulan UMKM Kabupaten Kediri. Salah satunya stand pameran tim UMKM Kecamatan Mojo yang terlihat paling nyentrik. Alhasil menjadi stand paling banyak dikunjungi oleh para hadirin baik pejabat teras ataupun masyarakat umum.

Terpajang banyak produk industri rumah tangga diantaranya keripik usus, keripik jamur dari tiram malindo. Tahu kuning, gethuk pisang, stick tahu dari DTT. Keripik pisang, keripik gadung, keripik gothe dari Aula jaya.

Brownies kering, sirup rosela, sari secang dari Adeena bakery. Bros, bando, konektor, strap masker dari binti asesoris. Kukis kering, sirup rosella dari endang misti tak lupa sambel pecel mak lik dan batik mangga, batik tulis dari pupah fashion.

Turut serta dalam stand tersebut adalah produk peserta didik Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha bidang Pastry Bakery dari Lembaga kursus dan pelatihan (LKP) Firmans Study Club Kecamatan Mojo.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Mamiek Amiyati, Mamiek mengatakan, kompitisi ini memang ditujukan untuk menggaungkan kembali rosella karena telah lama kurang diminati oleh masyakat. Pihaknya juga menjelaskan, pelaku UMKM selama ini juga sudah mulai dibekali pelatihan olahan Rosella ini. Terbukti salah satu pelaku UMKM binaan Pemerintah Kabupaten mendapatkan juara 3 dalam kompitisi tersebut.

“Tadi ada Ibu Yayuk yang mendapatkan juara 3 yang tak kalah dengan barista dari kafe-kafe. Beliau berasal dari UMKM,” tuturnya.

Mamiek menambahkan, pelaku UMKM seperti Ibu Yayuk tersebut sudah dipilihnya sebanyak 20 orang untuk didampingi. Pemilihan 20 orang ini menurut Mamiek melewati beberapa tahapan. Utamanya adalah naluri dan kreatifitas dalam olahan rosella tersebut. [nm/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar