Ekbis

Sisihkan THR, Karyawan Dua Pabrik di Malang Bantu Warga Terdampak Covid-19

Malang (beritajatim.com) – Demi membantu warga terdampak Covid-19 di Kabupaten Malang, karyawan PT Makmur Jaya Karisma yang bergerak di industri plastik dan karung dan PT Cakra Guna Cipta yang bergerak di industri rokok dengan karyawan sekitar 1.000 orang, rela menyisihkan sebagian tunjangan hari raya (THR) mereka.

Secara sukarela, seluruh karyawan di perusahan tersebut, menyisihkan tunjangan hari raya yang mereka terima, untuk membantu warga. Kemudian, uang sukarela itu dibelikan beras dan dibagikan kepada warga terdampak Covid-19.

Dari penggalangan bantuan secara sukarela itu, berhasil mengumpulkan lebih dari 450 paket sembako. Dengan masing-masing paket berupa 5 kilogram beras.

Rinciannya, 350 paket sembako berasal dari PT Cakra Cipta Guna. Sedangkan 103 lainnya dari PT Makmur Jaya Karisma. Rencananya, bantuan itu akan disalurkan kepada delapan lembaga panti asuhan dan pondok pesantren. Serta Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang dan Pokja Wartawan Kabupaten Malang.

“Pers ini teman baik kita. Mereka membantu kita mendapatkan informasi terbaru dan akurat soal kondisi terkini. Sudah seharusnya mereka juga diperhatikan,” ungkap Kadisnaker Kabupaten Malang Yoyok Wardoyo MM, di ruang rapat bersama para perwakilan perusahaan, Kamis (14/5/2020).

Salah satu perwakilan karyawan dari PT Cakra Guna Cipta, Heru Setyawan menjelaskan, bantuan ini diberikan secara sukarela oleh para karyawan. Selain itu juga sebagai bentuk rasa syukur karena karyawan di pabrik yang berlokasi di Pakisaji ini, masih bisa mendapatkan THR.

“Kami menyisihkan THR tanpa terpaksa. Tidak ada paksaan dari perusahaan. Tujuannya untuk membantu warga masyarakat di tengah pandemi ini,” terang Heru.

Heru menegaskan, penyaluran diserahkan kepada Disnaker, melalui komando Kepala Dinas, Yoyok Wardoyo. “Pengumpulan dana ini kami serahkan kepada Bapak Yoyok untuk disalurkan,” tegasnya.

Senada dengan Heru, perwakilan karyawan dari PT Makmur Jaya Karisma, Lulus Kusumastini menjelaskan, pengumpulan uang yang kemudian dirupakan sebagai sembako juga mereka lakukan secara sukarela.

“Tidak ada karyawan yang merasa keberatan. Bahkan mereka sangat antusias,” ujarnya, sebelum kegiatan pemberian bantuan secara simbolis.

Sementara itu, Sekretaris Apindo Malang, Samuel Molindo mengapresiasi langkah inisiatif yang diambil oleh para karyawan di dua perusahaan itu. Dia berharap, kepedulian itu diikuti oleh perusahaan lain.

“Sama-sama kita meringankan dampak Covid ini. Karena tidak tahu kan sampai kapan kondisi pandemi ini. Harapannya segera berlalu. Ini bukan maksud pamer, tapi mari sama-sama kita peduli untuk meringankan,” tandasnya.

Sebagai informasi, kegiatan di PT Cakra Cipta Guna juga untuk memonitoring protokol kesehatan Covid-19 di perusahaan industri. Di pabrik rokok dengan 1.000 karyawan ini sudah diberlakukan protokol kesehatan.

Semua yang masuk pabrik wajib memakai masker. Kemudian, sebelum masuk harus dicek suhunya dengan thermogun. Baru masuk bilik desinfektan.

Cek point kedua, tamu dan karyawan wajib menyemprot handsanitizer dan kembali masuk ke bilik desinfektan. Baru diarahkan cuci tangan dan diantarkan ke tujuan. Setiap karyawan yang menunjukkan gejala flu dilarang masuk. Karyawan yang keluar kantor pada saat jam kerja atau istirahat, disarankan untuk tidak kembali ke kantor karena dikhawatirkan membawa virus. (yog/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar