Iklan Banner Sukun
Ekbis

Apel Siaga Musim Hujan

SIER Surabaya Bantu Seribu Bibit Pohon ke Pemkot Batu

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko dan Direktur Operasi PT SIER, Didik Prasetiyono

Surabaya (beritajatim.com) – Komitmen PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) dalam menjaga lingkungan patut diacungi jempol. Hal itu dibuktikan dengan bantuan 1.000 bibit pohon kepada Pemerintah Kota Batu, untuk melakukan penghijauan kembali di daerah Bumiaji, Kota Batu.

Pemberian dan penanaman bibit pohon berjenis buah-buahan ini dilakukan secara simbolis, disela acara Apel Siaga Darurat Bencana Menghadapi Musim Hujan 2021-2022, yang dilakukan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Provinsi Jawa Timur di lapangan Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Bantuan 1.000 bibit pohon buah-buahan ini pun langsung disambut baik Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, yang menjadi inspektur upacara dalam apel tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PT SIER yang telah mendukung penghijauan kembali di Kota Batu, khususnya di Kecamatan Bumiaji. Ini adalah bentuk sinergi, gotong royong dan kerjasama yang baik antara BUMN, masyarakat dan Pemkot Batu,” ujar Dewanti dalam keterangan tertulis, Rabu (27/10/2021).

Dewanti mengatakan, 60 persen bencana alam seperti longsor dan banjir rawan terjadi di Kecamatan Bumiaji. Makanya Pemkot Batu gencar melakukan penghijauan kembali di daerah yang rawan longsor dan banjir.

“Tadi juga dilakukan penanam pohon secara simbolis. Daerah yang diprioritaskan adalahi di lereng-lereng gunung dan tempat-tempat yang rawan longsor. Sekali lagi, kami ucapkan terima kasih kepada SIER yang telah mendukung dan menjadikan Kota Batu lebih asriĀ  lagi,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Operasi PT SIER, Didik Prasetiyono mengatakan, SIER memiliki tanggung jawab untuk ikut membantu menjaga lingkungan dengan cara penghijauan. Hal itu sebagai wujud komitmen SIER menjadi perusahaan kawasan industri yang hijau, modern dan terintegrasi.

Didik mengatakan, dengan adanya konservasi lahan khususnya di daerah Bumiaji mengurangi potensi terjadinya bencana alam seperti longsor dan banjir serta menjaga mata air tetap terjaga. Sebab Bumiaji termasuk daerah yang dangat rawan terjadi bencana alam.

“Bantuan bibit pohon buah dari SIER ini selain mengurangi potensi longsor lahan juga nantinya kami harap dapat menjadi bagian dari upaya konservasi sumber daya air metode vegetatif untuk memelihara keberadaan serta keberlanjutan sumber mata air brantas yang sangar strategis bagi semua sektor. Total ada 1.000 bibit pohon buah terdiri dari 400 pohon mangga, 300 durian dan 300 alpukat,” ujar Didik.

Didampingi Sekretaris Perusahaan PT SIER, Fitrina Kusuma Dewi dan Kepala Departemen Tanggung Jawab Sosial Lingkungan PT SIER, Sri Priharti, Didik mengatakan, pemilihan bibit pohon berjenis buah-buahan ini sesuai dengan permintaan warga.

“Kota Batu ini sangat indah, potret nyata keberhasilan Pemerintah Kota Batu mengelola potensi pertanian sebagai objek wisata, baik berupa pemandangan alam kawasan pertaniannya maupun kekhasan dan keanekaragaman aktivitas produksi dan budaya masyarakat petaninya. Kami berharap pohon buah-buahan ini juga ada nilai ekonomisnya untuk warga sekitar,” pungkas pria penggemar olah raga bersepeda ini. (tok/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar