Ekbis

Siasati Pemasaran di Tengah Pandemi Covid-19, Erva Kreasi Olahan Gethuk

Kediri (beritajatim.com) – Pandemi Covid-19 membuat sejumlah usaha mengalami penurunan. Para pelaku usaha, khususnya usaha kuliner harus memutar ide agar tetap bertahan di kala pandemi Covid-19. Seperti yang dilakukan oleh Erva Sa’adah, yang mengolah gethuk menjadi aneka olahan rasa.

Gethuk. Siapa diantara kita yang tidak mengenal olahan makanan dari singkong ini. Makanan bertekstur lembut yng disajikan dengan parutan kelapa ini sangat nikmat untuk menemani minum kopi di pagi atau sore hari. Namun ditangan Erva Sa’adah, olahan gethuk tidak hanya dinikmati dengan rasa original saja. Perempuan asal Desa Cendono, Kecamatan Kandat ini mengolah gethuk menjadi kue roll gethuk dengan aneka varian rasa dan toping.

Ada banyak varian rasa yang membuat pecinta gethuk akan merasa ketagihan. Seperti rasa melon, jeruk, anggur, hingga rasa durian. Konsumenpun bisa memilih aneka toping yang mereka suka seperti coklat, keju atau mix coklat keju.

“Usaha Gethuk ini berdiri pada 1 tahun lalu. Pada awal Covid-19 usaha kami sempat berhenti, dan awal Juli kamu berusaha berinovasi dan menawarkan kembali gethuk di media sosial,” ujar Erva.

Dengan dibantu suaminya, dalam pembuatan gethuk ini, Erva memilih singkong dengan kualitas terbaik. Hal ini akan berpengaruh dengan rasa dan tekstur gethuk yang dihasilnya. Dengan singkong kualitas baik, tekstur gethuk yang dihasilkan akan lembut dan tidak berserat.

Melalui akun instagramnya @ikki.gethuk, Erva mempromosikan gethuk buatannya. Untuk satu buah gethuk roll, Erva membandrol dengan harga Rp. 12.000. Harga tersebut tergantung dengan ukuran gethuk roll. Dengan kreativitasnya dalam mengolah gethuk, Erva bisa menghasilkan keuntungan hingga jutaan rupiah. Gethuk olahannya tidak hanya terjual di Kediri saja, namun juga sudah ke berbagai daerah di luar Kediri.

“Dalam satu bulan bisa menghasilkan keuntungan mulai Rp500 ribu hingga Rp1 juta tutupnya.

Erva memotivasi pelaku UMKM lain untuk ikut berkreasi dalam situasi saat ini. Dirinya juga berpesan kepada semua untuk tetap semangat berwiraswasta dan mematuhi protokol kesehatan.

“Jangan lupa 3M. Rajin mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak,” pesannya. [nm/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar