Ekbis

Siapkan Pameran UMKM, Ini Program Kerja Kadin Kabupaten Malang di Tahun 2020

Malang (beritajatim.com) – Menyongsong perkembangan industri 4.0 tahun 2020 ini, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kabupaten Malang, mulai menyiapkan program kerja. Selain persiapan Pelantikan dan Pengurus Kadin Kabupaten Malang yang baru dilantik, sejumlah agenda besar pun mulai dipersiapkan.

Ketua Kadin Kabupaten Malang, Priyo Bogank Sudibyo, Rabu (15/1/2020) sore mengatakan, rapat kerja hari ini jug dihadiri perwakilan dari Disperindag Kabupaten Malang dan Staf Ahli Bupati.

“Dalam waktu dekat kami akan siapkan pameran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Produk-produk unggulan yang ada di Kabupaten Malang, akan kita akomodir agar mampu bersaing secara nasional hingga ke mancanegara,” ungkap Priyo Bogank sapaan akrabnya.

Pria yang juga menjabat Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Malang ini melanjutkan, Kadin juga akan melakukan kerjasama secara kontinyu dengan beberapa pihak ketiga termasuk dalam hal ini Pemkab Malang.

Kadin kedepan, lanjut Priyo Bogank, akan selalu menjalin sinergitas baik dengan Dinas Koperasi dan Disperindag Kabupaten Malang. “Kerjasama ini agar potensi dan perkembangan UMKM di Kabupaten Malang, lebih dikenal luas masyarakat Indonesia bahkan dunia,” tuturnya.

Selain pelantikan pengurus baru Kadin tahun ini, pihaknya juga akan membuat website khusus Kadin Kabupaten Malang. “Webesite khusus UMKM dari Kadin nantinya, kita fokuskan untuk mempromosikan produk-produk UMKM melalui jejaring medsos internasional,” tegasnya.

Masih kata Priyo Bogank, Kadin juga akan membantu Disperindag Kabupaten Malang mendata dan memfasilitasi pelaku UMKM agar bisa mendapatkan sertifikat halal. Dimana teknisnya, melalui basis data yang juga sudah dimiliki Dissperidag dan Dinas Koperasi Kabupaten Malang.

“Kadin juga siap membntu pelaku UMKM untuk bisa mendapatkn kredit usaha yang bisa menambah modal guna mengembangkan produksinya dengan bunga ringan,” beber Priyo Bogank.

Ia menambahkan, Kadin dalam waktu dekat ini, juga akan mendapat hak penuh mengelola produk sisa dari rumah potong ayam yang akan berproduksi di Kabupaten Malang dalam kapasitas besar. “Insyaallah produk sisa dari rumah potong ayam bisa kita kelola penuh nanti. Kami sudah ketemu langsung dengan pemilik usaha tersebut. Kebetulan teman baik dan beliau sudah pasrah mengelola sisa produksi ke Kadin untuk dijadikan unt sumber dana lain selain iuran anggota Kadin,” urainya.

Priyo Bogank melanjutkan, sejumlah seminar gratis tentang kewirausahaan dari Bapenas, akan digelar Kadin Kabupaten Malang tahun ini. “Khusus acara seminar tentang kewirausahaan akan dilaksanakan pertengahan bulan Februari 2020. Seminar tidak dipungut biaya, gratis. Silahkan dimanfaatkan sebaik mungkin,” pungkasnya. [yog/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar