Ekbis

Shopee Miliki Program Inovatif untuk UMKM

Jakarta (beritajatim.com) – Sebagai bagian dari komitmen dalam mendukung UMKM di Indonesia, Shopee menyelenggarakan acara yang bertajuk Kerja Bareng Untuk Negeri bersama dengan beberapa Kementerian dan Instansi Pemerintahan.

Ada pun acara ini secara khusus menyoroti komitmen untuk bersama-sama mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di masa pandemi melalui berbagai program inovatif yang telah diimplementasikan di sepanjang tahun 2020, yang bermula dari gerakan Shopee Bersama UMKM.

UMKM di masa pandemi saat ini senantiasa berjuang agar terus dapat bertahan demi melangsungkan dan meningkatkan produk-produk bisnis penjualan mereka. Dengan adanya peralihan kecenderungan perilaku berbelanja secara online, UMKM dituntut untuk dapat beradaptasi dan berinovasi secara digital.

“Kerja Bareng Untuk Negeri merupakan salah satu bentuk dukungan Shopee terhadap inisiasi gerakan #BanggaBuatanIndonesia yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo,” kata Riyan Singgih Nasution, Public Relations Shopee, dalam rilisnya kepada redaksi beritajatim.com.

Dijelaskan oleh Riyan Singgih bahwa dalam inisiatif Kerja Bareng Untuk Negeri, ada berbagai program inovatif yang telah diberikan untuk UMKM di Indonesia, khususnya selama masa pandemi saat ini, seperti:

SME Go-Online:
Merupakan program edukasi dan pelatihan yang diberikan kepada para UMKM binaan Shopee Indonesia dalam menerapkan literasi digital untuk pemasaran dan penjualan dari bisnis yang dijalankan. Selama masa pandemi saat ini, program ini dijalankan secara online (virtual) dengan berbagai UMKM binaan Shopee di seluruh Indonesia.

Sinergi untuk Program Lanjutan dengan Instansi Pemerintahan:
Shopee Indonesia bersinergi dengan berbagai pihak Kementerian dan Instansi Pemerintahan terkait untuk secara bersama-sama mendukung keberlangsungan bisnis UMKM di Indonesia, seperti dukungan Shopee terhadap gerakan #BanggaBuatanIndonesia dengan menghadirkan kampanye khusus untuk penjualan produk lokal karya UMKM binaan kami di aplikasi Shopee. Selain itu, keikutsertaan Shopee dalam program Bela Pengadaan oleh LKPP dengan menghadirkan para pelaku usaha yang menyediakan berbagai kategori kebutuhan pemerintah, salah satunya adalah ATK dan Makanan & Minuman; serta dukungan Shopee terhadap UMKM binaan para instansi pemerintahan yang berhasil untuk ekspor.

Program Pemulihan Ekonomi Nasional dan Kredit Usaha Rakyat:
Selama pandemi, Shopee Indonesia turut mendukung para pelaku UMKM binaannya dengan memberikan dukungan berupa donasi melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional di bulan April 2020 dan Kredit Usaha Rakyat yang bekerjasama dengan beberapa pihak bank, seperti BNI, BRI, dan Bank Mandiri di bulan Juni 2020 lalu. [but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar