Ekbis

Sharp Gencar Promosikan Produk ‘Cerdas’

Surabaya (beritajatim.com) – Teknologi internet yang semakin terhubung membuat plilihan akan produk berbasis IoT (Internet of Think) dan AI atau kecerdasan buatan menjadi pilihan konsumen. PT Sharp Electronics Indonesia terus berupaya mengedukasi pasar mengenai produk-produk elektronik yang terkoneksi internet ini.

Marketing Communication Assistant General Manager PT Sharp Electronics Indonesia Agus Soewadjie mengatakan saat ini Sharp memiliki tiga produk berteknologi AIoT yaitu Android TV, AC dan Air Purifier. “Sampai hari ini produk AIoT kami terjual 3.000-5.000 unit per bulan dan 80 persen diantaranya adalah LED TV,” kata Agus saat ditemui di sela acara Sharp AIoT World di Pakuwon Mall, Surabaya, Sabtu (8/2/2020).

Diakui Agus, penjualan lini produk ini memang masih belum terlalu besar. “Kami terus mengedukasi pasar. Harapannya pada tahun ini kontribusinya bisa mencapai 10 persen dari total penjualan kami,” tuturnya.

Diluncurkan sejak akhir tahun lalu, Sharp Android TV dikatakan Agus sangat diminati konsumen. Apalagi saat ini harganya semakin terjangkau dengan adanya Sharp Android TV 32 inch.

Saat ini, produk-produk berbasis internet ini memang masih menyasar ke kota-kota besar. “Kami sadar jika kebutuhan internet untuk produk AIoT belum dapat dipenuhi secara maksimal dan merata di Indonesia. Tapi kita harus memulainya sekarang karena 2 sampai 3 tahun mendatang kami yakin permintaan produk berbasis internet akan melonjak,” ungkapnya.

Marketing Supervisor PT Sharp Electronics Indonesia wilayah Surabaya, Aditya Oktavianto menambahkan di antara ketiga produk berbasis AIoT yang dimiliki, penjualan masih didominasi LED TV. “Untuk LED yang berbasis IoT penjualannya bisa 300 unit per bulan,” ujarnya.

Produk-produk berbasis AIoT memudahkan merupakan produk elektronik berbasis internet yang dapat terintegrasi dengan telepon genggam saat pengoperasiannya. Misalnya saja Android TV dengan Google Assistant yang dapat menerima perintah suara melalui remote TV.

Kemudian AC dan Air Purifier yang mampu dikontrol melalui aplikasi Sharp Air App sehingga konsumen dapat mengecek suhu, melihat kelembaban udara dan fitur lainnya melalui telepon genggam. “Termasuk menyalakan AC meskipun kita masih di luar rumah sehingga begitu sampai, ruangan sudah dingin,” pungkas Aditya. [rea/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar