Ekbis

Siasati Lesunya Pasar di Tengah Pandemi

Sentra Tahu Kuning Asli Kediri Ubah Pola Pemasaran

Kediri (beritajatim.com) – Sejak tiga tahun belakangan ini, Desa Keniten Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, mulai dikenal sebagai sentra tahu kuning asli Kediri yang masih menggunakan resep turun temurun.

Keseluruhan produksinya diolah secara tradisional. Sedangkan penjualannya sampai di beberapa daerah di sekitar Kabupaten Kediri. Namun semenjak Indonesia dinyatakan pandemi covid 19, penjualan tahu tradisional itu mengalami masalah.

Nah, guna menyiasati agar penjualan tetap berjalan, para pelaku UMKM tahu kuning kini mengubah pola pemasaran. Dari yang sebelumnya produk tahu di jual di pasar pasar tradisional, kini penjualan dilakukan di supermarket atau swalayan di Kediri dan Luar Kota Kediri. Selain itu penjualan melalui online dan media sosial juga gencar dilakukan.

“Alhamdulillah dari penjualan di supermarket dan swalayan setiap minggu bisa mendapatkan omzet sekitar Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta,” kata Asep Wijayanto, Ketua paguyuban sentra tahu Desa Keniten.

Asep juga menambahkan, untuk produk yang paling laku yakni olahan dari tahu seperti stik tahu, tahu bulat dan tahu walik. “Pokoknya produk yang bertahan lama itu yang paling laku karena mayoritas pembeli digunakan untuk oleh-oleh,” terang Asep.

Menurut dia, sentra tahu Desa Keniten bisa bertahan di tengah pandemi saat ini juga tak lepas dari peran besar Pemerintah Kabupaten yang gencar memberikan berbagai macam pelatihan. Diantaranya pelatihan pengolahan bahan dasar kedelai, pelatihan pengepakan produk yang menarik hingga pelatihan pemasaran secara offline dan online. Selain itu Pemkab Kediri saat ini juga masih membantu pemasaran melalui media sosial maupun media cetak dan media elektronik.

“Dari 47 UMKM tahu kuning yang terdaftar di Desa Keniten, hampir seluruhannya pernah mendapatkan bantuan pelatihan dari berbagai Dinas Di lingkup Pemkab Kediri, sèhingga saat pandemi pelatihan tersebut terasa sangat berguna bagi industri kecil seperti kami,” tutup Asep yang juga mempunyai UMKM tahu kuning berlabel Hakatofu ini. [nm/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim Foto

Air Terjun Telunjuk Raung

Foto-foto Longsor di Ngetos Nganjuk