Iklan Banner Sukun
Ekbis

Sempat Melejit, Harga Cabai Rawit Berangsur Turun

Pedagang cabai di pasar tradisional Sumenep (foto: Temmy)

Sumenep (beritajatim.com) – Harga sejumlah komoditas di Pasar Anom Sumenep awal pekan ini berangsur turun. Diantaranya cabai, bawang, dan telur ayam ras.

Harga cabai merah besar yang sempat melonjak, awal pekan ini turun menjadi Rp 50.000 per kg. Sedangkan cabai rawit anteng di angka Rp 40.000 per kg. Sementara harga bawang putih turun menjadi Rp 21.000 per kg, dan bawang merah tetap Rp 36.000 per kg.

“Fluktuasi beberapa komoditas itu lebih disebabkan karena stok. Di beberapa sentra penghasil bawang dan cabai, belum masuk masa panen raya. Jadi stok masih belum melimpah,” kata Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Sumenep, Noer Lisal Anbiyah, Senin (23/04/2022).

Sementara untuk harga sejumlah komoditas lain relatif stabil. Harga daging sapi Rp 125.000 per kg, daging ayam potong Rp 40.000 per kg, dan daging ayam kampung Rp 85.000 per kg.

“Untuk harga komoditas daging, meski pekan ini tidak mengalami kenaikan, namun harganya tergolong tinggi sejak menjelang Lebaran,” ujarnya.

Pedagang cabai di pasar tradisional Sumenep (foto: Temmy)

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Sumenep secara rutin melakukan pemantauan harga sembako di pasar tradisional. Pemantauan harga dilakukan di Pasar Anom baru sebagai pasar induk, dan Pasar Bangkal sebagai pembanding. [tem/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar