Iklan Banner Sukun
Ekbis

Seminggu Jelang Lebaran, Penumpang di Terminal Arya Wiraraja Sumenep Belum Alami Lonjakan

Penumpang di terminal Arya wiraraja sumenep (foto : Temmy)

Sumenep (beritajatim.com) – Satu minggu menjelang Lebaran 2022, belum terlihat lonjakan jumlah penumpang di Terminal Arya Wiraraja, baik untuk bus antar kota dalam provinsi (AKDP) maupun bus antar kota antar provinsi (AKAP).

Koordinator Satuan Pelayanan (Satpel) Terminal Tipe A Arya Wiraraja Sumenep, Handoko Imam Hanafi menjelaskan, sebenarnya selama tiga hari ini mulai terlihat ada peningkatan jumlah penumpang, namun tidak terlalu signifikan. “Peningkatannya sekitar 10 persen. Kalau rata-rata per hari 400 penumpang, saat ini naik menjadi 430 – 440 penumpang. Itu jumlah total untuk bus AKDP dan AKAP,” katanya, Selasa (26/04/2022).

Ia menjelaskan, setelah dua tahun dihantam pandemi, memang terjadi penurunan jumlah penumpang yang cukup tajam. Sebelum pandemi, memasuki H-7 lebaran, jumlah penumpang bisa mencapai 1.000 orang lebih per hari. Ia memperkirakan ada beberapa hal yang menyebabkan turunnya jumlah penumpang.

“Pandemi selama 2 tahun cukup mengganggu ekonomi masyarakat. Bisa jadi meski tahun ini pemerintah mengijinkan mudik, tapi masyarakat memutuskan sementara tidak mudik karena alasan ekonomi. Selain itu, kemungkinan masyarakat lebih suka mudik naik kendaraan sendiri dibanding kendaraan umum,” paparnya.

Ia memperkirakan, jumlah penumpang di Terminal Arya Wiraraja akan terus mengalami peningkatan mendekati lebaran. Puncak arus mudik diperkirakan terjadi mulai Jumat (29/04/2022).

“Hari Jumat itu mulai masa cuti bersama. Jadi diperkirakan akan menjadi awal puncak arus mudik ke Madura. Peningkatan jumlah penumpang itu diperkirakan akan terjadi hingga Minggu,” ujarnya.

Ia memastikan tidak akan kekurangan armada bus untuk mudik, meski terjadi lonjakan jumlah penumpang saat puncak arus mudik. “Insya Allah jumlah armada bus cukup. Penumpang tidak akan terlantar,” tandasnya. (tem/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar