Ekbis

Hari Bumi

Semen Indonesia Tanam Pisang Cavendish di Lahan Pacsa Tambang

Tuban (beritajatim.com) – Dalam rangka memperingati Hari Bumi 2019, perusahaan Semen Indonesia (Persero) Tbk melakukan tanam pohon yang dilaksanakan secara bersamaan di beberapa lokasi operasional perusahaan di seluruh Indonesia, Senin (22/4/2019).

Dalam pelaksanaan di lokasi pabrik Tuban, Semen Indonesia menanam pohon Pisang Cavendish dan Buah Alphokat di lahan pasca tambang tanah liat, Desa Tlogowaru, Kecamatan Merakurak, Tuban. Kegiatan tanam itu melibatkan karyawan, komunitas dan juga para petani sekitar.

Data yang dihimpun beritajatim.com, pelaksanaan tanam pohon pisang Cavendish itu dilakukan perusahaan sebagai upaya untuk mengisi lahan bekas tambang tanah liat itu. Pelaksanaan tanam itu diikuti sekitar 200 orang yang merupakan club-club, komunitas dan petani binaan dari perusahaan semen itu.

“Penanaman pohon pisang di area pasca tambang ini selain untuk penghijauan, juga sebagai upaya perusahaan melakukan pemberdayaan masyarakat. Karena nanti yang mengelola tanamannya adalah masyarakat sekitar sendiri dan hasilnya pun dapat dinikmati oleh pengelolanya,” terang Joko Sulistiyanto, Senior Vice President (SVP) of Production Semen Indonesia.

Pada tahap awal untuk penanaman Pisang Cavendish tersebut, Semen Indonesia menyediakan lahan seluas 2 hektar yang sudah selesai digunakan untuk tambang. Kedepan akan ditanami sekitar 4.000 ribu pohon pisang yang biasa dijual di super market.

“Tanam pisangnya ini yang pertama kali kita lakukan. Dari informasi, perawatannya tidak terlalu sulit, dan sudah bisa panen dalam waktu delapan sampai sembilan bulan saja,” tambahnya.

Dalam melakukan pengembangan Pisang Cavendish, pihak perusahaan mengandeng pendamping asal Kediri yang telah berhasil mengembangkan pisang tersebut. Sedangkan pada pelaksanaan tanam, terdapat sebanyak 1.000 pohon yang bibitnya juga didatangkan dari Kediri.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari program Membangun Kekuatan, Memajukan Indonesia, sekaligus bentuk kontribusi nyata perusahaan dalam menjaga kelestarian lingkungan. Dalam kegiatan ini, Semen Indonesia mengajak karyawan bersama elemen masyarakat di sekitar perusahaan untuk melakukan aksi nyata dalam pelestarian lingkungan melalui beberapa bentuk kegiatan,” tegasnya.

Di area pasca tambang tanah liat Desa Tlogowaru itu nantinya juga akan dibuat Eco Park Kambangsemi. Di Eco Park tersebut selain akan ditanami pohon pisang dan Alphokat juga akan didirikan kandang kambing. Sehingga, di tempat tersebut menjadi ladang ekonomi untuk masyarakat sekitar perusahaan. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar