Ekbis

Semen Indonesia Tanam Pohon di Bantaran Sungai

Tuban (beritajatim.com) – Sebagai bentuk kepedulian dan juga pelestarian lingkungan pihak, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk pabrik Tuban melakukan gerakan tanam pohon di sepanjang bantaran sungai menuju arah pabrik Tuban yang ada di Kecamatan Merakurak, Tuban, Rabu (5/2/2020).

Bantaran sungai di pinggir jalan menuju pabrik tersebut ditanami pohon produktif berupa pohon buah Alpukat, Kelengkeng dan juga pohon Durian di wilayah tersebut. Penanaman pohon diharapkan bisa menghasilkan dan juga menjaga kelestarian lingkungan.

Pelaksanaan program tanam pohon produktif yang dilakukan oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk itu berlangsung di lapangan Desa Sambonggede, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. Kegiatan seremonial itu diikuti oleh Muspika Merakurak, sejumlah Kades dan juga para pelajar serta para komunitas dari perusahaan itu.

“Kegiatan pada pagi hari ini, penanaman pohon produktif di bantaran sungai Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. Jumlah terbesar adalah pohon Alpukal dan kita mulai dari lapangan Desa Sambonggede yang kita tanami 18 pohon,” terang Siswanto, yang merupakan ketua panitia pelaksana acara itu.

Setelah dari lapangan itu, kegiatan tanam langsung dilanjutkan dengan menanam yang dilakukan secara di bantaran sungai dengan panjang sekitar 3.800 meter itu. Pinggir sungai yang ditanami buah Alpukat dan juga Kelengkeng itu Desa Tuwiri Wetan, Desa Tuwiri Kulon dan Desa Senori, Kecamatan Merakurak, Tuban.

“Kita lakukan tanam pohon Alpukat ini karena berdasarkan tim pendamping bahwa Alpukat ini cocok ditanam di pinggir sungai dan contohnya di sini sudah ada yang bisa berbuah di Desa Tuwiri Kulon. Setelah melakukan seremonial ini kita lanjutkan untuk menanam di lokasi pinggir sungai bersama teman-teman club binaan,” tambah Siswanto, saat memberikan laporan dalam acara itu.

Sementara itu, Direktur Keuangan Semen Gresik, Muhammad Supriyadi menyatakan bahwa kegiatan ini digagas sebagai upaya untuk mengkampanyekan pentingnya menanam pohon dan cinta lingkungan pada anak usia sekolah. Hal ini tentunya tidak dapat dilepaskan dari misi perusahaan untuk terus berkontribusi dalam peningkatkan kualitas kesehatan, lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

“Kegiatan ini muncul karena adanya potensi lahan pasif di bantaran (sepanjang) sungai tersebut belum dimanfatkan secara optimal. Selain itu juga sebagai komitmen antar pemangku kepentingan untuk bekerjasama dalam pelestarian lingkungan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat,” terang Muhammad Supriyadi, Direktur Keuangan Semen Gresik yang ikut dalam tanam pohon itu.

Diharapkan dengan adanya tanam pohon di bantaran sungai itu warga masyarakat untuk turut serta menjaga dan merawat pohon yang telah kita tanam bersama-sama ini. Sehingga nantinya tanaman tersebut jika berbuah juga dapat dimanfaatkan sendiri oleh masyarakat. [mut/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar